≡ Menu

Cara Mengembalikan Video yang Hilang di Android

Apakah baru-baru ini kamu merasa kehilangan suatu video di galeri? Entah itu karena terhapus secara tidak sengaja atau bahkan hilang tanpa adanya sepengetahuan. Tapi sebenarnya kamu masih punya kesempatan lho untuk mengembalikan video yang hilang tersebut.

Sebagai contohnya kartu memori yang tiba-tiba mengalami kerusakan, tentunya ini akan berakibat kepada file yang tersimpan didalamnya, termasuk video. Walau kesempatan untuk mengembalikan video yang hilang tidaklah besar, akan tetapi tak ada salahnya untuk mencoba.

Cara Mengembalikan Video yang Hilang di Android

Mengembalikan Video yang Hilang pada Android

Ada sedikitnya 2 cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi masalah ini. Itu semua bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel tanpa komputer. Dan jika pun kamu beruntung, seluruh video yang hilang tersebut pasti bisa dikembalikan.

1. Cek Folder Sampah

Langkah paling sederhana adalah mengecek pada folder sampah yang tersedia di Galeri. Kebanyakan ponsel masa kini telah memiliki fitur sampah tersebut untuk mengantisipasi terjadinya penghapusan file secara tidak sengaja.

Jadi didalam folder sampah itu, seluruh file, baik itu foto maupun video akan tersimpan selama kurang lebih 1 bulan sebelum dihapus permanen. Jadi silakan cek ke Galeri dan carilah opsi Sampah atau Trash apabila tersedia. Ini contoh gambarannya.

Folder Sampah Samsung

Opsi sampah di galeri Samsung.

Mengembalikan Video Hilang

Seluruh file yang terhapus tampil pada folder sampah dan bisa dikembalikan.

2. Menggunakan Bantuan Aplikasi DiskDigger

DiskDigger adalah aplikasi semacam file scanner yang akan membantumu menemukan foto maupun video yang hilang di ponsel. Aplikasi membutuhkan akses root dan bisa digunakan secara gratis pada segala ponsel Android.

Berikut ini cara mengembalikan video yang hilang dengan aplikasi DiskDigger:

  1. Pasang aplikasi DiskDigger di Play Store.
  2. Kemudian tekan tombol Full Scan.
  3. Pilih direktori letak video yang hilang, misalnya sdcard0 atau sdcard1.
  4. Setelah itu centang pada format MP4 dan tekan tombol OK.
  5. Sekarang tunggu proses pemindaian selesai, dan nantinya video yang ditemukan akan tampil.

Aplikasi ini memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengembalikan foto yang hilang, namun itu diambil dari thumbnail dari cache galeri, sehingga kualitas foto menurun dari sebelumnya. Sementara itu untuk video yang berhasil dikembalikan, kualitasnya akan tetap sama. Kecuali jika itu sudah hilang permanen, maka aplikasi ini takkan dapat membantu untuk mengembalikannya.

Baca juga: Cara Install Google Play Store yang Hilang

Kesimpulan

Kesempatan berhasil lebih tinggi ada pada cara pertama. Sementara cara kedua hanya dikhususkan untuk ponsel yang sudah diroot dan lebih seperti pemindai file, dimana dari banyaknya folder yang tersedia di ponsel kamu akan dipindai dan mulai mendeteksi adanya file video sesuai format file yang dipilih.

Selebihnya apabila kamu punya solusi lain untuk mengembalikan video yang hilang, ada baiknya untuk membagikannya di kolom komentar untuk membantu pengguna lainnya yang mengalami kendala yang serupa.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment