≡ Menu

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Instagram

Pada akhir tahun 2019, Instagram telah merilis fitur mode gelap yang bisa digunakan baik untuk ponsel Android maupun iOS. Tampilan dari mode gelap tersebut sangatlah bagus dan fitur ini akan langsung aktif berdasarkan modus yang diatur pada ponsel.

Layaknya pada Messenger, tampilan gelap yang ditawarkan Instagram tidaklah buruk. Segala teks masih dapat terbaca dan begitu pula tombol ataupun menu. Sangat cocok diaktifkan pada kondisi cahaya minim seperti pada malam hari.

Tapi beberapa orang masih bingung bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut. Dan ketahui terlebih dahulu bahwa tidak seluruh ponsel dapat menggunakan mode gelap ini. Tapi adapun kriteria ponsel yang mendukung untuk bisa mencicipi fitur ini.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Instagram

Ponsel Harus Mendukung Mode Gelap

Syaratnya adalah ponsel yang kamu gunakan, baik itu Android atau iOS harus mendukung mode gelap atau mode malam. Sebagai contoh Samsung One UI atau iOS minimal versi 13. Kamu bisa mencoba cari di pengaturan apakah ponsel yang kamu gunakan mendukung modus gelap.

Tapi ini hanya akan menjadi syarat sementara. Mengetahui nantinya Instagram akan menghadirkan tampilan mode gelap untuk seluruh perangkat ponsel yang dapat diatur melalui Setelan Tema Instagram.

Bagaimana Mengaktifkan Mode Gelap Instagram?

Kamu hanya perlu menghidupkan modus gelap pada ponsel saja dan setelah itu cobalah membuka Instagram, pasti tampilannya akan menjadi gelap mengikuti jenis modus pada ponsel yang diatur. Sebagai contoh di Samsung One UI, mengaktifkan mode gelap bisa langsung melalui panel notifikasi.

Menyetel Mode Gelap pada Panel Notifikasi Samsung One UI

Sementara itu, apabila ponsel kamu belum mendukung mode gelap, silakan tunggu pembaruan dari Instagram. Karena nantinya tampilan mode gelap ini akan tersedia untuk diatur langsung dari Pengaturan Instagram. Berikut ini gambarannya.

Memilih Menu Tema di Instagram
Mengaktifkan Mode Gelap di Instagram

Baca juga: Trik Aktifkan Mode Gelap di Chrome Android

Kesimpulan

Saat artikel ini dibuat, fitur mode gelap masih bisa digunakan hanya dari setelan modus pada sistem ponsel. Sedangkan gambaran diatas diambil dari akun Twitter @wongmjane yang menyatakan bahwa nantinya ada setelan untuk mengatur tampilan di Instagram.

Dengan adanya pengaturan tampilan tersebut, pengguna bisa memilih untuk terus menggunakan mode gelap atau terang sesuai yang diinginkan tanpa terbatas jenis ponsel. Jadi silakan tunggu saja sampai fitur tersebut dirilis sepenuhnya untuk semua perangkat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment