≡ Menu

Cara Mengaktifkan Kontrol Orang Tua di Play Store

Cara Mengaktifkan Kontrol Orang Tua di Play Store

Google Play Store dikenal sebagai sarana untuk mengunduh aplikasi pada ponsel Android. Namun tahukah kamu bahwa tidak semua aplikasi yang tersedia di Play Store ditujukan untuk semua usia? Karena terkadang ada batasan tersendiri, seperti pada suatu game fighting sejenis tinju, dan sebagainya.

Apalagi kini banyak anak kecil yang telah memiliki ponsel pribadi. Untuk itu sebagai orang tua, harus segera bertindak untuk mencegah hal negatif sampai dilihat oleh anaknya. Syukurnya Google Play Store telah memiliki fitur Kontrol Orang Tua.

Fitur tersebut bertujuan untuk membatasi berdasarkan level kedewasaan terhadap konten. Sehingga kamu sebagai orang tua bisa mulai membatasi konten atau jenis aplikasi apa saja yang tidak boleh dilihat oleh anaknya saat membuka Play Store.

Cara Mengaktifkan Kontrol Orang Tua di Google Play Store

  1. Buka Play Store, dan ketuk tombol opsi titik tiga.
  2. Silakan menuju pada menu Setelan.

    Menu Setelan

  3. Ketuk menu Kontrol Orang Tua.

    Kontrol Orang Tua di Google Play Store

  4. Sekarang silakan aktifkan dan buatlah PIN.

    Membuat PIN Kontrol Orang Tua

  5. Setelah sudah aktif, ketuk pada menu Aplikasi & Game.

    Ketuk Menu Aplikasi dan Game

  6. Pilihlah rating sesuai umur anak. Dan lanjutkan dengan mengetuk tombol Simpan.

    Pilih Rating Sesuai Umur Anak

Jadi ketika mengaktifkannya, kamu akan diminta untuk membuat sebuah PIN. Kegunaan dari PIN tersebut untuk mencekal anak sampai mengatur fitur kontrol orang tua yang ada di Play Store. Sehingga jika terdapat perubahan, atau bahkan ingin menonanktifkannya, pasti akan muncul dialog yang meminta untuk menuliskan PIN.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Play Store

Menu Kontrol Orang Tua Tidak Muncul di Play Store?

Tak usah khawatir, di sebagian ponsel fitur ini kadang tidak langsung muncul pada setelan. Namun kamu dapat memunculkannya secara manual. Jadi yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan Developer Mode pada Google Play Store.

Caranya sangat mudah, cukup menuju Setelan Play Store, setelah itu gulir kebawah dan temukan semacam menu Versi Play Store. Setelah itu ketuk menu tersebut sebanyak 5 kali berturut-turut, dan kemudian menu kontrol orang tua kini akan muncul di Setelan.

Cara diatas hanya berfungsi untuk membatasi konten berbentuk aplikasi dan game pada Google Play Store saja. Sedangkan sebagai orang tua, kamu masih perlu aplikasi tambahan seperti Parental Control Kroha yang dapat membatasi konten negatif lebih banyak terhadap anak.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment