≡ Menu

Memperbesar Suara Volume Laptop Lebih Keras Diatas 100%

Memperbesar Suara Volume Laptop Lebih Keras Diatas 100%

Tak semua laptop memiliki keluaran suara yang keras, kadang meski volume sudah diatur maksimal, suara yang dikeluarkan masih kurang terasa. Tapi pada dasarnya kamu bisa lho meningkatkan volume pada laptop diatas 100% dan itu sangat mudah.

Jika kamu pernah memutar video di VLC, pasti volume dapat ditingkatkan sampai maksimal 200%. Seperti itulah yang akan dibagikan pada artikel ini. Sedangkan VLC hanya dapat digunakan untuk video saja, tapi tata cara yang dibagikan disini dapat berfungsi untuk segala hal pada laptop.

Menggunakan Program DFX Audio Enhancer

Program tersebut memiliki fitur bernama Volume Booster yang akan meningkatkan suara/volume diatas rata-rata. Program DFX Audio Enhancer dapat diunduh secara gratis, akan tetapi fiturnya terbatas.

Walau fiturnya terbatas untuk versi gratisnya, tapi volume booster sudah bisa dinikmati. Ini merupakan program favorit Saya untuk meningkatkan kualitas audio, baik memakai headset maupun tidak. Untuk mengunduhnya silakan menuju situs FxSound.

Cukup instal seperti biasa dan setelah itu buka programnya. Disana akan tertera beberapa opsi untuk meningkatkan kualitas suara pada laptop. Untuk mengetahui hasilnya, silakan bandingkan sebelum dan sesudah mengaktifkan program ini.

Meningkatkan Suara Volume dengan DFX Audio Enhancer

Jika kamu membeli versi premium, tentunya fitur yang didapatkan akan lebih banyak dan tak hanya peningkatan suara volume saja. Apalagi jika kamu pencinta musik, pasti program yang satu ini sangat cocok sekali.

Baca juga: Cara Mengatasi Headphone dan Speaker Tidak Terdeteksi di PC

Aktifkan Loudness Equalization untuk Meningkatkan Suara

Jika kamu tak ingin menggunakan program tambahan karena alasan tertentu, mungkin cara yang satu ini cocok untuk diterapkan. Windows sendiri telah memberikan fitur untuk mengontrol efek pada suara, dan juga terdapat fitur bernama Loudness Equalization yang akan meningkatkan keluaran suara dari sebelumnya.

Ikuti langkah dibawah ini untuk mengaktifkan fitur tersebut.

  1. Klik START/Search dan Ketik Control Panel lalu ENTER.
  2. Menuju menu Hardware and Sound.
  3. Klik pada menu Sound dan akan muncul jendela baru.
  4. Selanjutnya klik kanan pada Speakers dan pilih Properties.
  5. Klik tab Enhancements dan aktifkan pada Loudness Equalization.

Di beberapa laptop mungkin tidak tersedia fitur ini. Tapi itu lebih sering ditemui pada driver Realtek. Jika pun fitur ini tidak tersedia, kamu masih menggunakan cara pertama yang mana bisa digunakan untuk segala laptop.

Antara cara pertama atau kedua, kira-kira kamu lebih suka menggunakan cara yang mana? Jika Saya sendiri lebih suka cara pertama karena terbukti ampuh untuk meningkatkan suara volume lebih keras daripada sebelumnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment