≡ Menu

5 Tips Memilih Cooling Pad yang Terbaik untuk Laptop

5 Tips Memilih Cooling Pad yang Terbaik untuk Laptop

Kegunaan dari Cooling Pad adalah mendinginkan suhu pada laptop dan juga menambah umur laptop dari kerusakan akibat suhu panas yang berlebihan. Di toko komputer mungkin banyak sekali jenis cooling pad yang tersedia, tapi apakah kamu sudah menentukan mana yang terbaik dari semua itu?

Sekilas terlihat bahwa segala cooling pad ini tampak sama saja. Tapi berbeda dengan kemampuan dalam mendinginkan. Dan artikel ini akan membagikan tips membeli cooling pad yang cocok sehingga suhu laptop kamu tetap adem.

Tips Memilih Cooling Pad yang Terbaik

1. Pastikan Ukuran Sesuai dengan Laptop

Perbedaan dari komputer dan laptop adalah dari sisi kenyamanan, dimana kamu bisa menggunakan laptop pada segala posisi yang membuatmu merasa nyaman. Jadi cooling pad pun juga harus seperti itu, yang memungkinkan bisa membuatmu bekerja dengan kenyamanan maksimal.

Kenyamanan saat menggunakan cooling pad pada laptop akan lebih terasa apabila ukurannya sama dengan laptop. Karena jika cooling pad yang kamu beli terlalu kecil, mungkin yang ada malah membuatmu tak nyaman dalam menggunakannya.

2. Kualitas dan Kecepatan Kipas

Ingat, satu tujuan dari membeli cooling pad adalah untuk mendinginkan suhu laptop, bukan untuk menambah gaya pada laptop. Kualitas dari cooling pad dinilai berdasarkan efisiensinya dalam mengurangi suhu laptop.

Efisiensi tersebut dilihat dari seberapa cepat dan efektif kipas itu bekerja. Setidaknya pastikan kecepatan kipas mencapai lebih dari 1000 RPM, untuk mengetahui itu, silakan lihat spesifikasinya di dosbook.

3. Terdapat Port USB Tambahan

Pada laptop, port USB yang tersedia sangatlah terbatas. Dengan begitu menempelkan cooling pad akan membuat kita kekurangan satu port. Apalagi jika kondisinya saat ini laptop hanya memiliki dua buah port USB saja.

Untuk itu, pikirkan untuk membeli cooling pad yang memiliki port USB tambahan. Dengan begitu kamu takkan kehilangan satu port lagi dan bisa menggunakan laptop seperti biasa.

Baca juga: Cara Mengetahui Apakah Cooling Fan Laptop Berfungsi

4. Portabilitas

Jika laptop ringan dan portable, maka cooling pad juga harus sama. Adapun beberapa jenis yang terbuat dari bahan besi yang pastinya sedikit berat untuk dibawa bersamaan dengan laptop, jadi pikirkan sekali lagi untuk membelinya.

Kecuali jika kamu ingin menggunakan cooling pad tersebut hanya untuk di rumah saja, tentu portabilitas ini boleh untuk diabaikan.

5. Harga

Terakhir adalah harga. Ini sebenarnya adalah poin penting dalam membeli cooling pad. Banyak produsen yeng menyediakan dengan harga yang terjangkau, namun itu memiliki kualitas yang terjamin atau mencukupi.

Jadi tetaplah berada pada anggaran yang kamu sediakan saat ini, alias tidak usah bertaruh banyak hanya untuk sebuah cooling pad. Dengan anggaran sekitar 100 sampai 200 ribu rupiah, pastinya kamu bisa menikmati cooling pad dengan kriteria diatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment