≡ Menu

Solusi Explorer Not Responding Akibat Klik Kanan

Solusi Explorer Not Responding Akibat Klik Kanan

Apakah program Windows Explorer pada komputer kamu tidak merespon hanya karena menekan klik kanan pada suatu file? Jika iya, maka terdapat beberapa kendala yang menyebabkan hal tersebut. Dan jangan khawatir, karena itu masih dapat diatasi.

Sebelumnya ketahui terlebih dahulu apakah kendala ini terjadi ketika menekan klik kanan pada seluruh file atau hanya pada suatu format file saja. Karena dalam beberapa kasus, seseorang mengalaminya hanya pada file tertentu dari MS Office saja (Word, Excel, dan sebagainya).

Untuk mengatasinya pun ada banyak cara, dan artikel ini akan membagikan beberapa dari itu. Jadi silakan coba mulai dari cara yang pertama dan apabila itu tidak berhasil, lanjutkan mencoba cara selanjutnya. Mungkin itu membutuhkan banyak waktu, tapi itu sepadan untuk mengatasi kendala ini.

1. Mencoba Melalui Safe Mode

Untuk memastikan bahwa kendala ini tidak separah yang dipikirkan, cobalah untuk melakukannya pada Safe Mode. Kira-kira apakah explorer tetap not respoding atau justru tidak ada kendala apapun ketika mencobanya disana.

Jika sekiranya tidak ada kendala pada Safe Mode, kemungkinan besar masalahnya disebabkan proses yang berjalan pada latar belakang. Silakan lakukan cara berikutnya untuk mengatasi hal ini. Dan apabila kamu masih belum tahu cara masuk Safe Mode, silakan simak artikel Cara Mengakses Safe Mode di Windows 10.

2. Melakukan Restore System

Cara paling termudah adalah mengembalikan setelan sistem ke hari-hari sebelumnya dimana kendala ini masih belum terjadi. Tapi ini terbatas pada system restore point yang terdapat pada komputernya.

System restore point biasanya otomatis dibuat ketika pengguna hendak melakukan instalasi suatu program atau bahkan menghapus program. Tapi adapun pengguna yang menonaktifkannya akibat kapasitas penyimpanan yang terbilang cukup besar.

Untuk melihat apakah komputer kamu memiliki restore point atau tidak, silakan klik kanan pada My Computer, lalu klik Properties dan menuju System Protection > System Restore. Disinilah kamu bisa mengembalikan setelan sistem ke hari-hari sebelumnya. Tentunya cara ini sangatlah ampuh.

Melihat System Restore Point di Windows

3. Matikan Semua Services Kecuali Bawaan Sistem

Walau cara diatas terbukti ampuh, tapi barangkali kamu tidak memiliki restore point semenjak masalah ini terjadi. Maka dari itu, sekarang cobalah cara sederhana lainnya yaitu menonaktifkan segala services yang berjalan dari suatu program kecuali program bawaan sistem.

Untuk mulai mematikannya, silakan tekan tombol WINDOWS+R, kemudian ketik msconfig dan ENTER. Selanjutnya menuju tab Services dan centang pada Hide All Microsoft Services.

Selanjutnya klik tombol Disable All dan klik Apply. Tahap terakhir adalah me-restart komputernya dan mencoba memastikan apakah explorer sudah normal atau belum.

Mematikan Seluruh Services pada Windows

Baca juga: Cara Mematikan Proses Startup pada Windows 7

4. Mematikan Suatu Context Menu

Ini berbeda dari mematikan proses latar belakang, karena harusnya ini hanya bisa dilakukan melalui registry. Namun ada beberapa program yang dapat membantu kamu mematikan atau menghidupkan context menu ini dengan mudah, salah satunya adalah Ccleaner.

Mengelola Context Menu pada Ccleaner

Cobalah untuk mematikan semua context menu dan kemudian restart komputer dan lihat hasilnya. Apakah sekarang explorer sudah normal?

Harusnya itu sudah normal, karena context menu sendiri tampil ketika kamu klik kanan pada suatu file. Tapi jika pun masih belum berhasil juga, silakan lakukan cara terakhir dibawah ini.

5. Melakukan Scan File Sistem

Ini merupakan cara terakhir apabila seluruh cara diatas tidak berhasil juga. Jadi ada kemungkinan terdapat file sistem hilang atau bermasalah yang membuat explorer ini tidak berfungsi seperti seharusnya.

Melakukan scan file sistem bisa dilakukan melalui Elevated Command Prompt atau istilahnya adalah Command Prompt yang dijalankan sebagai Administrator. Dan berikut ini perintah untuk melakukan scan semua file sistem.

sfc /scannow

Tunggu hingga prosesnya sampai selesai 100% dan nantinya Windows akan memperbaiki secara otomatis terhadap file sistem yang bermasalah atau hilang. Dan akan ada baiknya menerapkan perintah tersebut pada Safe Mode untuk menghindari adanya program lain yang mencekal proses pemindaian.


Itulah beberapa solusi yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi windows explorer not responding akibat klik kanan pada suatu file. Saya sangat merekomendasikan cara nomor 2 karena itu terbukti ampuh untuk mengembalikan setelan sistem (termasuk registry) sehingga komputer akan kembali pada saat sebelum mengalami kendala tersebut.

Tapi apabila semua cara diatas masih tidak berhasil, maka cara ampuh satu-satunya adalah me-reset atau menginstal ulang Windows. Walau itu bisa dilakukan secara mandiri, tapi apabila kamu tidak cukup berpengalaman mengenai hal tersebut, sangat disarankan untuk membawa ke tukang servis dan meminta untuk menginstal ulang komputernya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment