≡ Menu

Tutorial Mengubah Versi PHP Melalui cPanel

Tutorial Mengubah Versi PHP Melalui cPanel

Saat ini banyak sekali seseorang yang menggunakan PHP versi 5.6 yang mana itu sudah termasuk lawas dan kurang maksimal untuk digunakan sekarang. Dengan mengubah ke versi yang lebih baru, tentunya akan membuat situs web merasakan dampak yang bagus, seperti proses eksekusi kode yang lebih cepat.

Bahkan kini WordPress pun membutuhkan versi PHP lebih dari 5.6 untuk bisa mendapatkan update selanjutnya. Jadi pada dasbor akan diberikan suatu notice yang meminta pengguna untuk memperbarui versi PHP.

Bagi kamu yang menggunakan cPanel untuk mengelola situs web. Maka mengubah versi PHP bukanlah menjadi suatu kendala. Sebab kamu bisa melakukannya hanya dengan beberapa klik saja dan kemudian versi PHP akan berubah menjadi yang terbaru.

Cara Ubah Versi PHP Melalui cPanel

  1. Silakan masuk terlebih dahulu ke cPanel untuk mengelola situs web.
  2. Gulir kebawah dan temukan bagian Software. Silakan klik pada menu Select PHP Version.

    Klik Menu Select PHP Version

  3. Sekarang pada bagian PHP Version silakan ubah versinya ke 7 keatas. Misalnya 7.3.

    Ubah Versi PHP ke 7.3

  4. Selanjutnya klik opsi Set as Current disebelahnya.

    Klik Opsi Set as Current

  5. Dan selesai, kini versi PHP sudah berubah menjadi 7.3.

    Versi PHP Berhasil di Ubah

Kamu dapat memilih versi PHP sesuai kebutuhan. Jika ingin kestabilan dalam penggunaan WordPress, sangat disarankan untuk memilih versi yang terbaru supaya seluruh plugin atau tema didukung dengan baik.

Untuk sekarang ini PHP versi 7.3 telah memiliki peningkatan lebih dari 20% jika dibandingkan versi 5.6. Jadi dengan memperbaruinya, pasti akan terdapat peningkatan yang dapat dirasakan ketika melakukan suatu hal terhadap situsnya. Berikut ini gambaran benchmarknya:

Benchmark Versi PHP

Sumber: Kinsta

Baca juga: Cara Konversi Kode Perintah cURL ke Versi PHP

Tambahan untuk Pengguna Situs WordPress

Apabila kamu ragu terhadap kompatibilitas plugin atau tema yang digunakan saat ini apakah kiranya mendukung baik terhadap versi PHP diatasnya? Itu bisa dibantu dengan plugin bernama PHP Compatibility Checker.

Plugin tersebut akan membantu kamu untuk mengecek kompatibilitas dari seluruh plugin dan tema yang aktif. Sehingga nantinya akan diberitahukan plugin mana yang sekiranya tidak kompatibel untuk versi PHP yang dipilih.

Gambaran dari Plugin PHP Compatibility Checker

Adapun warning yang tampil pada suatu plugin, namun itu tidak masalah. Sementara jika tandanya merah, bisa jadi plugin tersebut memang tidak kompatibel untuk versi PHP yang dipilih.

Dan ketahui juga, bahwa Plugin PHP Compatibility Checker ini tidak bisa 100% akurat, karena dibawahnya terdapat tambahan dari creator plugin, bahwa ada beberapa hal yang membuat plugin ini tak bisa mendeteksi kompatibilitas. Tapi plugin tersebut masih layak kok untuk digunakan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment