≡ Menu

Apakah Aplikasi Facebook App Manager Adalah Virus?

Apakah Aplikasi Facebook App Manager Adalah Virus?

Virus atau malware merupakan hal berbahaya yang dapat memasuki suatu perangkat, baik itu di komputer maupun pada ponsel. Biasanya mereka memiliki tujuan tersendiri terkait masuk ke suatu perangkat, sebagai contoh menyadap data penting pengguna.

Disebagian ponsel Android biasanya aplikasi sosial media seperti Facebook sudah terpasang dari sistem. Tapi jika dilihat dari pengaturan aplikasi, disana terdapat beberapa aplikasi yang menyerupai. Salah satunya adalah Facebook App Manager, hanya saja itu tidak memiliki ikon layaknya aplikasi Facebook umumnya.

Banyak orang khawatir mengenai hal ini, apakah ponselnya sudah terjangkit suatu virus hingga aplikasi tak dikenal itu bisa masuk? Tapi tenangkan pikiran terlebih dahulu, karena artikel ini akan membahas tuntas mengenai apa sebenarnya aplikasi bernama Facebook App Manager tersebut.

Apa itu Facebook App Manager?

Aplikasi ini sejatinya merupakan fungsional tambahan terhadap aplikasi Facebook yang ter-install pada sistem. Bahkan bukan hanya itu saja, tapi ada beberapa aplikasi lainnya, yaitu bernama Facebook App Installer.

Facebook App Manager Menggunakan Data Seluler

Sehubungan aplikasi Facebook terdapat pada sistem, maka aplikasi tersebut dapat melakukan beberapa hal dibanding aplikasi seperti biasanya. Salah satunya adalah dapat memperbarui aplikasi Facebook secara otomatis tanpa adanya persetujuan.

Jadi tanpa membuka Play Store pun, aplikasi Facebook sudah diperbarui ke versi terkini. Mungkin beberapa orang juga pernah mendapati notifikasi download dari aplikasi Facebook App Manager. Dan dari itulah kamu mengira bahwa aplikasi tersebut semacam virus yang mengunduh aplikasi secara tersembunyi.

Jadi Apakah Facebook App Manager Adalah Virus?

Jawabannya adalah TIDAK. Meski aplikasi itu kadang menggunakan data seluler, namun faktanya itu hanyalah aplikasi inti Facebook yang mana kegunaanya tidak lebih dari suatu modul saja.

Bahkan meski telah melakukan pemindaian antivirus (ESET) terhadap aplikasi tersebut, tidak terdeteksi adanya ancaman, sehingga bisa disimpulkan disini bahwa aplikasi Facebook App Manager bukanlah virus.

Apakah Aman untuk Menghapusnya?

Sehubungan itu merupakan aplikasi sistem, maka ponsel kamu harus sudah berstatus rooted untuk bisa menghapusnya. Dengan menghapus aplikasi tersebut pun tidak akan merubah cara Facebook bekerja.

Tapi ada cara yang lebih efektif untuk menghilangkannya supaya tidak muncul kembali. Yakni menghapus aplikasi bawaan Facebook kemudian silakan unduh aplikasi Facebook dari Play Store.

Dengan begitu Facebook App Manager tidak akan berkutik lagi, karena kini aplikasi Facebook terpasang diluar sistem.

Selain menghapusnya, cara efektif lain yang bisa kamu lakukan adalah cukup menonaktifkan aplikasinya saja. Itu bisa dilakukan melalui pengaturan aplikasi. Dengan menonaktifkannya pun juga tidak akan mempengaruhi kinerja aplikasi Facebook, jadi tak usah khawatir.

Menonaktifkan Aplikasi Facebook App Manager

Baca juga: Cara Menyembunyikan Hari Ulang Tahun di Facebook

Kesimpulan

Facebook App Manager tampak seolah virus karena kadang mengunduh sesuatu dengan sendirinya pada latar belakang. Namun sebenarnya itu adalah proses mengunduh fitur di Facebook supaya kamu tak perlu memperbarui secara manual lagi.

Jadi kini kamu sudah tahu jawabannya bahwa aplikasi itu bukanlah suatu virus. Dan untuk menghindari adanya virus yang masuk di ponselnya, sangat disarankan untuk selalu mengaktifkan aplikasi antivirus. Jika sekiranya kamu belum memilikinya, itu tersedia gratis di Play Store.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap