≡ Menu

Cara Blokir Situs Tertentu di Android

Cara Blokir Situs Tertentu di Android

Apakah ponsel kamu sering dipinjam oleh anak atau adik kecil? Sebagai orang tua, kamu harus pintar dalam membatasi sesuatu terhadap ponsel supaya itu tidak digunakan untuk melakukan hal yang tidak wajar. Contohnya adalah memblokir situs web yang dirasa kurang mendidik.

Karena internet itu sangat luas dan beberapa dari itu menyediakan konten yang kurang cocok untuk dilihat anak kecil. Tapi dengan memblokir situs web yang tidak cocok tersebut akan membuat mereka terus berfikir positive terhadap internet dan kegunaannya dalam mencari informasi bermanfaat.

Memblokir situs di Android bisa dilakukan dengan berbagai cara dan ini membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Mungkin sebagian aplikasi antivirus telah menyediakan fitur untuk melakukan filter situs web. Namun disini akan membagikan cara yang ampuh untuk memblokir situs tertentu supaya tidak dapat dibuka oleh anak kecil ketika meminjam ponsel.

Cara Memblokir Situs Web dengan Website Blocker

Selain digunakan untuk melakukan blokir situs, aplikasi website blocker mampu untuk memblokir aplikasi dan konten lainnya. Aplikasi ini sangat patut dipasang untuk orang tua karena memiliki banyak fitur untuk membatasi pada ponsel.

Nama aplikasinya adalah BlockSite. Tersedia gratis di Play Store dan untuk cara penggunaannya pun terbilang mudah, ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Buka aplikasi BlockSite
  2. Pada Block List, ketuk tombol Add berwarna disamping kanan.

    Ketuk tombol Add untuk Menambah

  3. Ketik alamat website yang ingin diblokir.

    Proses Memblokir Website di Android

  4. Jika sudah, ketuk tombol centang disamping kanan atas.

Mulai sekarang ketika ada yang mengunjungi situs web tersebut pada ponsel kamu, akan mendapati notif bahwa situs tersebut telah diblokir. Untuk mengetahuinya, silakan langsung dites secara mandiri. Dan kamu bebas menambah situs web sebanyak yang diinginkan.

Ini merupakan cara blokir situs di google chrome atau browser lain paling praktis dan termudah untuk dilakukan, namun masih ada cara lainnya yang lebih ampuh.

Baca juga: Cara Membuka Web yang Diblokir Internet Positif

Cara Blokir Web dengan Firewall

Berbeda dengan website blocker, justru memblokir dari Firewall hasilnya lebih baik. Sementara website blocker hanya menambah sejenis overlay untuk menutupi halaman yang terbuka, sedangkan firewall langsung memblokir dari koneksi sehingga benar-benar tidak dapat dibuka.

Silakan pasang terlebih dahulu aplikasi NoRoot Firewall, dan setelah itu simak cara menggunakannya dibawah ini:

  1. Buka aplikasi NoRoot Firewall.
  2. Menuju bagian Global Filters.

    Global Filters di NoRoot Firewall

  3. Ketuk pada New Pre-Filter.
  4. Centang pada ikon WiFi dan juga Data Seluler.

    Memblokir Situs Web dengan Firewall

  5. Pada kolom Address, isikan dengan alamat website yang ingin diblokir.
  6. Pada kolom Port, ketuk tombol opsi disebelahnya dan pilih simbol bintang (*).
  7. Setelah itu ketuk tombol OK.
  8. Sekarang menuju ke bagian Home dan klik tombol START untuk memulai.

    Ketuk START untuk Mulai

Aplikasi NoRoot Firewall memanfaatkan fitur VPN pada ponsel untuk memblokir situs web. Dan ini juga bisa digunakan untuk memblokir suatu aplikasi. Jadi aplikasi tersebut akan berfungsi hanya setelah kamu menekan tombol START pada aplikasi.

Jadi sekarang silakan bedakan dari kedua diatas, manakah cara blokir website yang paling termudah. Jika Saya sendiri lebih manyarankan cara kedua karena hasilnya lebih baik. Jadi website yang diblokir takkan bisa diakses dan hanya loading saja. Berbeda dengan cara pertama yang memunculkan notif berupa overlay bahwa website sedang diblokir.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment