≡ Menu

Wifi Indihome Lemot? Begini Solusinya

Wifi Indihome Lemot? Begini Solusinya

Bosan merasakan koneksi internet yang lemot? Pastilah dibalik semua itu terdapat penyebabnya. Jika saat ini kamu menggunakan Wifi Indihome, ketahui juga jenis paket yang digunakan. Dan apabila kecepatan koneksi internet tidak sesuai dengan jenis paketnya, berarti terdapat hal janggal yang terjadi pada Wifi kamu.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Yang paling termudah tentunya adalah menghubungi layanan Indihome secara langsung, tapi ada cara yang lebih efektif sehingga kamu bisa mengatasi sendiri tanpa bantuan mereka lagi kapanpun koneksi wifi sedang lemot.

Penyebab utama dari koneksi lemot biasanya adalah banyaknya pengguna yang menggunakan jaringan secara bersama-sama, apalagi jika mereka saling menggunakannya untuk menerima data dengan cepat. Contohnya seperti mengunduh atau melakukan streaming video resolusi tinggi, tentunya hal tersebut akan berdampak pada koneksi pengguna yang lain.

Bagaimana Mengatasi Koneksi Wifi Indihome yang Lemot?

Artikel ini akan menjelaskan beberapa cara yang dapat kamu terapkan secara mandiri ketika koneksi Wifi sedang lemot. Jadi tidak perlu menghubungi pihak Indihome lagi selama kamu dapat melakukannya sendiri.

1. Me-Restart Router Wifi

Cara termudah adalah melakukan reboot atau restart terhadap router. Sampai sekarang cara ini cukup efektif untuk mengatasi lemot, selain itu kamu juga akan mendapatkan alamat IP yang baru.

Melakukan restart juga akan menghilangkan perangkat yang sedang idle, sehingga nantinya perangkat yang terhubung ke jaringan bisa berkurang dari sebelumnya. Namun ini tetap tidak efektif apabila banyak perangkat yang langsung terhubung kembali ke jaringan setelah di restart.

2. Mengubah Password Wifi

Mengubah kata sandi Wifi ada baiknya dilakukan secara berkala setidaknya seminggu sekali. Jika kamu jarang menggantinya, kemungkinan besar orang (tetangga) disekitar yang justru menggunakannya tanpa izin dan pastinya ini berdampak pada kecepatan koneksi.

Maka dari itu mulai sekarang gantilah password wifinya. Untuk tata caranya bisa mengikuti langkah pada artikel berjudul Tutorial Mengganti Password WiFi pada Router ZTE F609.

3. Gunakan Fitur Filter pada Router

Kegunaan dari fitur Filter pada wifi adalah membatasi perangkat mana yang bisa terhubung atau tidak bisa terhubung. Jadi kamu bisa menambahkan daftar perangkat yang boleh terhubung berdasarkan Mac Address.

Untuk tata cara memfilter perangkat ini bisa diatur melalui halaman admin router, dan untuk mengetahui Mac Address di setiap perangkat, ada di bagian About Phone. Cara ini paling efektif untuk membuat koneksi tetap stabil, karena jaringan wifi sepenuhnya dipakai untuk pribadi.

Baca juga: Mengatasi Koneksi @wifi.id yang Lambat

Sudah Melakukannya Tapi Koneksi Tetap Lemot?

Jikala kamu telah melakukan keseluruhan cara diatas dan koneksi Wifi tidak kunjung stabil alias lemot. Bisa jadi masalahnya ada di pengaturan router atau mungkin kabel. Untuk kendala jenis ini hanya bisa diselesaikan oleh pihak Indihome saja.

Sebagai cara termudah untuk melaporkan segala kendala Wifi, sangat disarankan untuk mengunduh aplikasi myIndihome. Tak hanya dipakai untuk melaporkan masalah saja, tapi juga berguna untuk melihat detail informasi langganan Wifi kamu termasuk membayar tagihan bulanan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment