≡ Menu

Menampilkan Informasi GPU CPU FPS Ketika Bermain Game

Seringkali kita melihat review terhadap game yang dimainkan di suatu laptop atau komputer pasti dibagian kiri atas monitor akan ditampilkan informasi lengkap seperti suhu CPU, GPU, dan juga FPS. Fitur tersebut tidak langsung hadir di laptop ataupun game, melainkan memerlukan bantuan program lain.

Jika kamu ingin menampilkan hal yang sama seperti itu, caranya sangat mudah sekali. Yang diperlukan hanyalah memasang program bernama MSI Afterburner. Itu adalah program monitoring yang terbilang cukup lengkap untuk menampilkan segala informasi sistem saat ini.

Namun cara pemakaian dari program tersebut terbilang sedikit ribet, yang mana kamu harus mengatur beberapa hal supaya informasi sistem yang diinginkan bisa muncul di layar ketika bermain game. Dan artikel ini akan membagikan bagaimana tata caranya, pastikan kamu terus menyimak mulai dari sini.

Cara Menampilkan Informasi GPU CPU FPS Ketika Bermain Game

Baca juga: Cara Mengetahui Jumlah FPS Ketika Bermain Game pada PC

Menampilkan Informasi Sistem pada Layar dengan MSI Afterburner

Hal pertama yang perlu dilakukan tentunya adalah mengunduh dan memasang program MSI Afterburner. Untuk proses instalasinya bisa dilakukan seperti biasa, dan pastikan kamu juga mencentang untuk memasang program Rivatuner.

Jadi nantinya ada dua program yang terpasang, yaitu MSI Afterburner dan Rivatuner Statistics Server. Setelah itu, ikuti langkah dibawah ini untuk mengatur informasi sistem apa yang ingin ditampilkan di layar.

  1. Buka program MSI Afterburner dan menuju Settings.

    Membuka Settings pada MSI Afterburner

  2. Lalu klik pada tab Monitoring.

    Klik Tab Monitoring

  3. Pada bagian Graph, silakan klik pada informasi sistem yang ingin ditampilkan pada layar, misalnya GPU Temperature.

    Memilih Informasi Sistem yang Akan Ditampilkan di Layar

  4. Setelah itu lanjut gulir kebawah dan beri centang pada opsi Show in On-Screen Display.

    Beri Centang pada Opsi Show in On-Screen Display

  5. Lalu klik tombol OK.

    Klik Tombol OK

  6. Satu langkah lagi, silakan buka program Rivatuner dan aktifkan pada opsi Show On-Screen Display.

    Mengaktifkan Opsi Show On-Screen Display pada Rivatuner

Setelah mengatur seperti diatas, kamu bisa langsung mencoba membuka suatu game. Pasti sekarang informasi sistem sudah muncul. Intinya kamu harus mengatur satu-per-satu informasi sistem apa yang ingin ditampilkan, karena ada banyak sekali yang disediakan dan secara default OSD (On Screen Display) tidak diaktifkan.

Baca juga: Cara Memperlambat dan Mempercepat Video di Youtube

Mengubah Ukuran atau Warna Informasi Sistem yang Tampil

Barangkali kamu merasa tulisan GPU, CPU, FPS, dan sebagainya yang tampil di layar seolah terlalu kecil atau warnanya kurang mantap. Sebenarnya kamu juga bisa mengubah itu, yaitu melalui program Rivatuner yang sudah terpasang tadi.

Untuk memperbesar tulisan, buka Rivatuner dan atur ukurannya melalui opsi On-Screen Display Zoom. Sedangkan untuk mengganti warnanya, silakan atur melalui opsi On-Screen Display Pallete.

Mengatur Ukuran dan Warna Tulisan pada Rivatuner

Disana juga tersedia banyak opsi lain yang berpengaruh pada teks. Selain itu, Rivatuner juga langsung menampilkan contoh teks yang akan tampil pada layar nantinya, sehingga kamu tidak perlu bolak-balik buka game hanya untuk melihat hasilnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment