≡ Menu

Mengatasi Edge Lighting Tidak Menyala di HP Samsung

Edge Lighting merupakan salah satu fitur yang umumnya tersedia pada ponsel Samsung yang mengusung layar lengkung. Fitur tersebut akan menampilkan suatu warna yang memutari lengkungan layar ketika ada notifikasi baru.

Sebagai contoh seperti ada pesan baru di WhatsApp atau pemberitahuan dari Facebook. Bahkan itu juga dapat muncul ketika layar sedang terkunci, hanya saja tidak mendukung untuk aplikasi pihak ketiga dan dikhususkan untuk aplikasi sistem saja.

Tapi ketika layar sedang hidup, tentunya Edge Lighting dapat bekerja baik terhadap notifikasi pada segala aplikasi. Dan ada kalanya itu tidak muncul, hal tersebut bisa disebabkan karena setelan yang salah atau mungkin tipe pemberitahuan yang terbilang “tinggi” dan bukan “darurat”.

Jika kamu merasa fitur Edge Lighting di ponsel kamu tidak bekerja maksimal untuk setiap notifikasi, silakan simak artikel ini untuk mendapatkan solusinya.

Baca juga: Cara Mengganti Boot Animation pada Android

Kelola Notifikasi pada Edge Lighting

Apakah kamu yakin sudah mengaktifkan aplikasinya pada setelan Edge Lighting? Karena jika belum, tentunya mustahil itu bisa berfungsi. Dan berikut ini cara untuk mengelola notifikasinya:

  1. Buka Pengaturan dan menuju Tampilan

    Masuk ke Pengaturan Tampilan

  2. Gulir kebawah dan ketuk Edge Screen

    Pilih Menu Edge Screen

  3. Lalu pilih menu Edge Lighting

    Pilih Menu Edge Lighting

  4. Ketuk menu Kelola Notifikasi

    Menuju Bagian Kelola Notifikasi

  5. Sekarang kamu bisa memilih aplikasi mana yang ingin digunakan dengan Edge Lighting.

    Memilih Aplikasi untuk Edge Lighting

Ada baiknya untuk memilih semua aplikasi untuk memastikan itu memang benar-benar bekerja dengan baik. Tapi tak terhenti disini, masih ada cara berikutnya untuk memastikan fitur ini bekerja maksimal.

Atur Transparansi Sebagai Rendah

Pada setelan standar, Transparansi warna yang mengitari layar diatur sebagai 50%, namun kamu bisa membuatnya 0% supaya warna yang ditampilkan benar-benar tajam. Untuk melakukannya pun sangat mudah.

Masih pada bagian Edge Lighting di Pengaturan Tampilan, kamu bisa menuju menu Gaya dan kemudian atur transparansi sebagai Rendah.

Mengatur Transparansi Warna Edge Lighting Sebagai Rendah

Selesai, sekarang coba mengetes apakah itu benar-benar bekerja. Sebagai saran, silakan tes dengan berbagai hal seperti mengirim pesan SMS dari ponsel lain, atau mengirim pesan Facebook dari akun lain.

Baca juga: 6 Aplikasi Wallpaper Terbaik untuk Android

Ubah Jenis Pemberitahuan Aplikasi Menjadi Darurat

Samsung sendiri mengatakan bahwa beberapa notifikasi mungkin tidak menyebabkan Edge Screen menyala, itu karena jenis notifikasinya hanya bersuara dan tidak menampilkan pop-up. Dan Edge Lighting pun hanya akan bekerja pada notifikasi berjenis pop-up saja.

Tenang, ini masih bisa diatur. Jadi silakan menuju Pengaturan > Aplikasi > Pilih Suatu Aplikasi > Pemberitahuan.

Biasanya akan ditampilkan banyak pemberitahuan pada bagian Kategori, silakan pilih salah satu. Sebagai contoh disini Saya ingin membuat pemberitahuan “Komentar dan Balasan” dari aplikasi Youtube bekerja untuk Edge Lighting.

Jenis Pemberitahuan Komentar dan Balasan di Aplikasi Youtube

Dan pada opsi Kepentingan, cukup memilih sebagai Darurat.

Mengatur Pemberitahuan Sebagai Darurat

Kini notifikasi komentar dan balasan di Youtube akan membuat Edge Lighting bisa menyala. Kamu dapat mengaturnya persis seperti itu untuk aplikasi yang lain.

Hanya itu saja beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat fitur Edge Lighting bekerja di HP Samsung. Silakan lakukan keseluruhan cara diatas untuk membuatnya berfungsi maksimal. Dan jika pun kamu memiliki kendala ketika melakukan langkah diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment