≡ Menu

Solusi Getar di Android Tidak Berfungsi

Fungsi getar di Android masih dibutuhkan untuk banyak hal, salah satunya yang paling terpenting adalah pemberitahuan notifikasi dalam modus senyap. Tanpa ada fungsi getar, ponsel terasa ada yang kurang. Apalagi jika kamu adalah gamer, tentunya fungsi getar ini masih diperlukan untuk membuat permainan lebih seru.

Tapi bagaimana jika getar yang ada di ponsel tiba-tiba tidak berfungsi? Kita pasti akan mengira bahwa kendala ini disebabkan dari dalaman ponsel (hardware). Namun ketahuilah bahwa tidak semua masalah ini disebabkan dari hardware, karena bisa jadi ini hanya kesalahan sistem saja.

Apabila kendala hanya dari kesalahan sistem, pasti ini dapat diatasi dengan maksimal mereset pengaturan ponsel. Dan sebelum itu, ada cara yang lebih disarankan untuk dicoba sebelum mulai mereset ponsel.

Solusi Getar di Android Tidak Berfungsi

1. Mengetes Sensor Getar di Android

Cara yang pertama adalah mencoba mengetes sensor getar melalui bantuan aplikasi bernama Test Your Android. Itu merupakan aplikasi yang berguna untuk mengetes hampir keseluruhan sensor yang ada di ponsel dan dapat diunduh gratis pada Play Store.

Silakan pasang terlebih dahulu aplikasinya dan kemudian buka. Lalu gulir kebawah dan ketuk pada menu Pengeras Suara dan Getaran. Di bagian Mode Getaran, silakan tekan pada tombol TES GETARAN dan sensor getar akan langsung terasa saat itu juga.

Mengetes Sensor Getar di Aplikasi Test Your Android

Baca juga: 2 Cara Kalibrasi Layar Sentuh Ponsel Android

2. Mencoba Tes Getar di Mode Aman

Entah apakah Mode Aman atau biasa dikenal sebagai Safe Mode ini tersedia untuk semua versi OS Android, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Pada Modus Aman, memungkinkan seluruh aplikasi tidak bekerja untuk sementara, sehingga tidak akan ada aplikasi yang sekiranya menghambat kinerja sistem.

Untuk mengaktifkan Modus Aman, silakan ikuti tutorial pada artikel 2 Cara Masuk ke Safe Mode di HP Android. Dan apabila sudah ada di Safe Mode, silakan aktifkan mode getar dan tes dengan cara menelpon nomor yang ada di ponselnya.

Secara keseluruhan, jaringan kartu SIM masih dapat digunakan pada Modus Aman, dan hanya aplikasi saja yang dibekukan untuk sementara waktu sampai kamu keluar dari Mode Aman.

3. Mereset Penuh Ponsel (Factory Reset)

Ini adalah cara terakhir apabila dua solusi diatas masih tidak bisa membuat getar berfungsi. Jadi dengan mereset ponsel secara penuh, memungkinkan segalanya dikembalikan lagi seperti semula. Dan ponsel akan terasa seperti baru lagi.

Kesalahan di ROM yang kadang menyebabkan getar tidak berfungsi, sehingga jalan satu-satunya adalah mengembalikan ponsel pada setelan standar. Dan ada kemungkinan juga ini akibat pembaruan software yang bermasalah dan solusinya bisa diatasi dengan mereset ponselnya.

Ketahuilah bahwa mereset ponsel dapat menyebabkan hilangnya data, jadi ada baiknya untuk mencadangkan data penting sejenis kontak, SMS, dan lain-lain terlebih dahulu sebelum mulai meresetnya.


Coba dulu ketiga solusi diatas, itu tidak akan sia-sia apabila kamu cukup yakin untuk mengatasi masalah ini. Dan keseluruhan cara diatas juga bisa dilakukan secara mandiri tanpa perlu ke tukang servis.

Akan tetapi apabila ketiga cara diatas tidak bisa mengatasinya, bisa jadi kendalanya ada di hardware. Jika sudah sampai seperti itu, ada baiknya untuk dibawa ke customer service ponselnya atau ke tukang servis terdekat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment