≡ Menu

Tips Ampuh Mempercepat Update Windows 10

Tips Ampuh Mempercepat Update Windows 10

Bagi pengguna Windows 10 pastilah tidak akan heran dengan adanya update atau pembaruan yang biasanya hadir setiap bulannya. Setiap pembaruan tersebut berguna untuk mengamankan perangkat dari tindakan jahat yang ada di internet, dan juga memperbaiki kesalahan yang ada sebelumnya.

Untuk itulah mengapa meng-update Windows selalu penting untuk dilakukan. Tapi banyak dari pengguna Windows 10 yang kadang mengeluh terhadap pembaruan tersebut, paling banyak adalah karena prosesnya yang tergolong lama.

Dibalik itu, sebenarnya ada faktor yang membuat prosesnya menjadi lama dan perlu perubahan kecil untuk membuatnya lebih cepat. Dan pada artikel ini akan dijelaskan tips untuk mempercepat proses update Windows 10, silakan untuk disimak.

Baca juga: Apa Manfaat dari Menginstal Pembaruan Windows?

1. Memastikan Jaringan Internet Cepat dan Stabil

Koneksi internet tentunya sangat berpengaruh tinggi terhadap update windows. Karena setiap adanya pembaruan, koneksi internet inilah yang berfungsi untuk mengunduh data pembaruan tersebut. Dan data yang diunduh memiliki ukuran yang bervariasi, kadang kecil dan kadang besar tergantung dari jenis data pembaruan.

Dengan memiliki koneksi internet yang mumpuni, ini akan membuat proses unduhan tersebut menjadi cepat. Sehingga tak perlu menunggu waktu lama lagi dan sistem siap untuk menginstal pembaruan tersebut.

2. Menutup Semua Program Ketika Update Windows Berlangsung

Saat proses unduhan data telah selesai, maka sistem akan menunggu untuk melakukan instalasi yang dilakukan secara bergantian. Pada dasarnya proses ini berlangsung cepat kecuali jika jenis pembaruan yang di-instal cukup besar, memungkinkan itu membutuhkan waktu yang sedikit lama.

Dan untuk membuatnya semakin cepat, silakan tutup sebagian atau semua program yang dibuka saat ini. Karena proses instalasi ini akan mengacu pada Write Disk, dan jika kamu misalnya membuka sekedar browser saja, tentu ini akan berpengaruh dalam kecepatan instalasi. Jadi ada baiknya jangan melakukan multitasking ketika proses update windows berlangsung.

3. Mengaktifkan Mode High Performance

Mode High Performance (performa tinggi) yang disediakan pada Windows memungkinkan perangkat dapat melakukan kinerja dengan maksimal. Sebagai contoh kecilnya adalah perangkat yang memiliki fitur Turbo Boost yang mana akan meningkatkan kinerja CPU lebih tinggi dari sebelumnya.

Dengan mengaktifkan mode tersebut, ini juga akan berpengaruh pada proses instalasi update windows. Karena biasanya proses update maupun instalasi membutuhkan kinerja CPU yang cukup tinggi. Dan kamu bisa mengaktifkannya melalui fitur Power Option.

4. Upgrade SSD atau Pasang Intel Optane

Mungkin untuk yang satu ini semua orang telah mengetahui, bahwasanya menggunakan SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD. Jadi dengan meng-upgrade perangkatnya dengan SSD akan membuat performa komputer makin cepat, itu termasuk mengoperasikan segala program dan juga melakukan instalasi update windows.

Alternatifnya apabila kamu tak ingin upgrade SSD, bisa juga dengan cara memasang Intel Optane. Itu merupakan alat yang berfungsi untuk mempercepat kinerja komputer dengan cara yang unik. Hampir sama cepatnya seperti SSD, hanya saja menurut banyak orang, memakai SSD jauh lebih baik. Tapi tidak menjadi masalah apabila kamu memasang keduanya.


Baca juga: Tutorial Mengecek Pembaruan Windows 7 dengan Mudah

Dengan mengikuti beberapa tips diatas, pastinya akan membuat proses update windows pada komputer kamu akan semakin cepat daripada sebelumnya. Tak peduli lagi seberapa besar ukuran update yang harus diunduh dan dipasang, itu bisa berlangsung cepat selama kamu mengikuti tips diatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment