≡ Menu

Cara Mengganti Nama Pengguna di Twitter

Cara Mengganti Nama Pengguna di Twitter

Nama pengguna atau Username di Twitter berguna sebagai identitas akun. Ini berbeda dengan Nama lengkap atau yang biasa tercantum pada profil. Dan nama pengguna hanya bisa digunakan untuk satu akun saja, sehingga tak akan ada akun lain yang memiliki nama pengguna yang sama.

Perbedaan dari nama pengguna dan nama yang tampil di profil sangatlah jauh. Nama pengguna lebih bersifat unik dan biasanya akan tampil di URL profil Twitter. Sederhananya, ini nyaris sama seperti nama panggilan khusus di Twitter untuk melakukan komunikasi.

Sedangkan Nama yang ada di profil adalah nama lengkap pemilik akun (terkadang nama bisnis atau nama asli). Kegunaanya untuk membuat orang lain untuk mengenali pemilik akun tersebut. Karena terkadang seseorang memasang nama pengguna (username) yang berbeda dengan nama aslinya.

Tulisan ini akan membagikan cara sederhana untuk mengganti username twitter. Barangkali kamu sudah bosan atau memang ingin mengganti nama pengguna tersebut dengan alasan lain. Untuk itu, silakan simak tata caranya mulai dibawah ini.

Baca juga: Cara Mengganti Email di Akun Twitter

Cara Mengganti Nama Twitter

Sebelum melanjutkan ke tutorialnya, ketahui terlebih dahulu bahwa mengubah username twitter tidak akan mempengaruhi pengikut, Direct Message, atau balasan tweet. Sebaiknya beritahukan kepada para followers sebelum mengubah nama pengguna supaya mereka dapat membalas langsung atau mengirim Direct Message ke nama pengguna baru yang kamu buat.

Berikut ini tutorial untuk mengganti username twitter:

  1. Klik pada Pengaturan dan privasi melalui menu menurun di ikon profil.

    Cara Mengganti Nama Twitter

  2. Pada bagian Akun, silakan ganti username melalui kolom Nama pengguna.

    Cara Mengganti Nama Twitter

  3. Jika sudah, gulir kebawah dan tekan pada tombol Simpan perubahan dan selesai.

    Cara Mengganti Nama Twitter

Jika nama pengguna yang akan dibuat tidak tersedia, maka akan muncul notifikasi yang akan memberitahukan bahwa nama pengguna telah digunakan orang lain. Dan kamu akan diminta untuk membuat nama yang lainnya.

Ketika menekan tobmol Simpan perubahan, kemungkinan akan diminta untuk menuliskan kata sandi. Hal tersebut dilakukan demi keamanan akun. Jadi tak perlu khawatir untuk melakukannya, karena segalanya akan aman.

Baca juga: Cara Mengetahui Follower Palsu di Akun Twitter Kamu

Kesimpulan

Inti dari langkah diatas adalah Pengaturan dan privasi > Akun > Nama pengguna > Simpan perubahan. Walau tata cara diatas dijelaskan melalui komputer, tapi ini nyaris sama seperti di perangkat ponsel.

Dan satu lagi untuk informasi tambahan, bahwa nama pengguna hanya dibatasi maksimal 15 karakter, sedangkan nama profil bisa dibuat hingga 50 karakter. Jika sekiranya kamu memiliki sebuah pertanyaan mengenai tutorial diatas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment