≡ Menu

Cara Mengakses Komputer Melalui HP Android

Cara Mengakses Komputer Melalui HP Android

Apakah bisa mengontrol komputer memakai ponsel? Bagi sebagian orang, hal seperti itu nyaris tidak masuk akal. Namun di jaman yang serba modern ini, hal tersebut tidaklah mustahil. Bahkan kamu bisa mengakses melalui ponsel layaknya sedang berada di depan monitor komputer.

Untuk sekarang ini, terdapat banyak jenis aplikasi yang mampu mengontrol komputer melalui perangkat Android. Atau istilahnya adalah Remote Desktop. Namun yang paling terbaik adalah TeamViewer, karena memiliki fitur yang sangat lengkap.

TeamViewer adalah aplikasi untuk mengontrol komputer jarak jauh. Dibanding yang lainnya, justru aplikasi ini memiliki kelebihan yang banyak sekali. Telah disediakan kontrol yang mudah, sehingga meski di komputer menggunakan mouse, di ponsel bisa memakai gesture.

Baca juga: 3 Aplikasi Remote Desktop Terbaik untuk Android

Cara Mengakses Komputer Melalui Android dengan TeamViewer

TeamViewer bisa digunakan secara gratis dan juga bisa digunakan untuk mengontrol sesama komputer. Cara penggunaanya sangatlah mudah, dan kedua perangkat harus telah terpasang TeamViewer. Selengkapnya, silakan simak tata caranya dibawah ini.

  1. Silakan download terlebih dahulu program TeamViewer di komputer.
  2. Kemudian instal seperti biasa.

    Cara Mengakses Komputer Melalui Android dengan TeamViewer

  3. Jika proses instalasi telah selesai, silakan buka TeamViewer dan catat Partner ID beserta Password yang tampil disana.

    Cara Mengakses Komputer Melalui Android dengan TeamViewer

  4. Sekarang unduh dan pasang TeamViewer for Remote Control di ponsel Android melalui Play Store.

    Cara Mengakses Komputer Melalui Android dengan TeamViewer

  5. Buka aplikasi TeamViewer dan isikan Partner ID yang telah dicatat tadi pada kolom yang tersedia. Lanjutkan menekan tombol Remote Control

    Cara Mengakses Komputer Melalui Android dengan TeamViewer

  6. Tunggu sebentar dan akan muncul kolom untuk mengisikan sandi, cukup isikan Password yang telah disalin tadi. Lalu tekan OK

    Cara Mengakses Komputer Melalui Android dengan TeamViewer

  7. Selesai, sekarang kamu sudah berhasil mengakses komputer melalui HP Android.

    Cara Mengakses Komputer Melalui Android dengan TeamViewer

Setelah berhasil terhubung ke komputer, kamu bisa langsung mencoba untuk mengakses suatu program, pastilah tidak ada bedanya. Selain itu untuk menambah kenyamanan, bisa juga mengganti resolusi sesuai layar ponsel supaya tak terlalu besar dan mudah untuk dijangkau oleh kursor.

Apa Saja Fitur TeamViewer di Android?

Bisa dibilang ini lebih lengkap dibanding aplikasi remote desktop yang lain. Apa lagi jika kamu menggunakan mouse external yang dipasang di ponsel, itu akan memudahkan untuk mengakses segalanya dengan cepat.

Berikut ini sekilas fitur yang tersedia di TeamViewer di Android:

  • Kontrol sentuh yang mudah dan mendukung gesture.
  • Mengirim atau menerima file.
  • Manajemen kontak dan komputer.
  • Melakukan konversasi (chatting).
  • Transmisi suara & video HD secara real-time.
  • Dan masih banyak lagi…

Cobalah bandingkan dengan aplikasi remote desktop yang lain, pasti TeamViewer lebih mudah dan halus meski koneksi tidak terlalu bagus. Di pengaturan juga terdapat opsi untuk mengatur kualitas, memilih antara kecepatan atau grafis. Dan jika ingin pengalaman yang lebih baik, sangat disarankan mengaktifkan opsi kecepatan (speed).

Baca juga: Cara Mengubah Password di TeamViewer

Kesimpulan

Mulai sekarang kamu bisa mengakses komputer melalui ponsel dan dimana pun berada. Tapi pastikan juga bahwa komputer yang ditinggal di rumah tetap dinyalakan dan memiliki koneksi internet supaya dapat diakses nantinya.

Sebab jika komputer dalam keadaan mati atau tidur, maka secara otomatis program TeamViewer juga tidak aktif dan seolah partner ID tidak ditemukan. Dan selain hanya diguankan untuk komputer pribadi, TeamViewer juga bisa lho dipakai pada VPS Windows maupun Linux.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment