≡ Menu

7 Tips Menjaga Ponsel Supaya Suhu Tidak Terlalu Panas

7 Tips Menjaga Ponsel Supaya Suhu Tidak Terlalu Panas

Setiap orang pasti pernah memiliki ponsel yang cepat/mudah panas. Hal tersebut tidak bisa disalahkan dari sisi ponsel saja, tapi juga pemakai ponsel tersebut harus mempertimbangkan beberapa hal supaya kejadian yang seperti itu tak akan terjadi pada ponsel yang dimiliki selanjutnya.

Aktivitas overheat pada ponsel biasanya terjadi akibat penggunaan yang terlalu berlebihan. Namun, ada cara yang dapat dilakukan untuk mencegah overheat yang terus-menerus. Sebab jika suhu ponsel terlalu panas, itu tidak akan baik pada hardware dan beresiko adanya kerusakan.

Sebelum membaca lebih jauh, ketahuilah bahwa tulisan ini hanya akan menyediakan tips saja. Dan untuk mengetahui berhasil tidaknya, itu tergantung dari bagaimana kamu melakukannya nanti pada ponselnya.

1. Gunakan Bantuan Aplikasi Pendingin Suhu Ponsel

Dimulai dari yang paling sederhana, kamu bisa dengan mudah mencegah ponsel sampai terlalu panas dengan cara memasang aplikasi pendingin suhu. Pada dasarnya kebanyakan aplikasi tersebut seolah mirip seperti aplikasi pembersih RAM, hanya saja terdapat beberapa fungsional tersendiri yang mana berfokus untuk menurunkan temperatur suhu ponsel.

Untuk mengetahui keseluruhan aplikasinya, silakan baca pada artikel berjudul 3 Aplikasi Penurun Suhu CPU Android Paling Terbaik. Pastikan untuk memilih salah satu yang dirasa paling ampuh, dan jangan memakai keseluruhan aplikasinya sekaligus.

2. Jangan Bermain Game Dalam Jangka Waktu Lama

Jaman sekarang sudah banyak sekali game online yang membutuhkan setidaknya 30 menit untuk satu kali pertandingan. Contohnya game Moba dan Battle Royale. Nah sebagai saran paling terbaik adalah, tidak harus memainkan game itu terus menerus dan berilah setidaknya jeda untuk ponsel beristirahat.

Tanpa memberi jeda saat bermain game, sangat beresiko ponsel akan overheat dan timbulah gejala-gejala lain yang tidak diinginkan. Meski memakai aplikasi pendingin suhu, jika terus bermain game tanpa berhenti sampai baterai habis, tentunya aplikasi tersebut tidak akan membantu untuk menurunkan suhu.

3. Tidak Perlu Memaksakan Memainkan Game Berat

Seiring berjalannya waktu, terdapat suatu game yang membutuhkan spesifikasi tinggi pada ponsel untuk bisa lancar memainkannya. Jika spesifikasi ponsel kamu masih termasuk golongan low-end, sebaiknya urungkan untuk memainkan game tersebut.

Tak perlu memaksakan supaya ponsel bisa memainkan game itu, karena nantinya dampaknya akan mengacu ke ponsel itu sendiri akibat CPU dan GPU yang tidak sanggup. Tapi tips ini boleh diabaikan apabila ponsel yang kamu pakai sudah termasuk golonggan high-end.

Baca juga: Cara Membersihkan File Sampah di Android

4. Hindari Menggunakan Aplikasi Tweak Performa

Pada dasarnya aplikasi yang dapat melakukan tweak performa pada ponsel memang berniat baik. Tapi disisi yang lain, ada dampak yang membuat ponsel menjadi tidak seperti seharusnya. Misalnya baterai yang cepat terkuras, dan suhu ponsel yang mudah panas.

Biasanya aplikasi tweak performa yang memiliki dampak tersebut hanya khusus ponsel yang sudah diroot. Sementara jika ponsel yang belum diroot, segalanya akan aman karena tidak akan ada perubahan pada sistem. Adapun aplikasi tweak performa untuk perangkat non-root, kemungkinan fungsinya sama seperti aplikasi pembersih ram.

5. Hindari Sinar Matahari Langsung ke Ponsel

Jangan pernah meletakkan ponsel pada area yang terkena sinar matahari langsung. Salah satunya seperti di dasbor mobil. Itu akan membuat suhu ponsel meningkat drastis bahkan meski kamu tak sambil menggunakannya.

6. Matikan Ponsel Apabila Tidak Dipakai

Misalnya kamu sedang dalam perjalanan jauh dan ponsel tidak akan digunakan yang mana itu berada di tas. Akan lebih baik untuk mematikannya saja atau paling tidak menghidupkan modus pesawat. Tips ini berguna untuk mencegah suhu terlalu panas akibat hal-hal yang tak terduga. Selain itu juga dapat menghemat baterai.

7. Jika Ponsel Sudah Terlalu Panas, Segera Lepaskan Casing

Jika perangkat sudah overheat, suhunya akan terjebak pada casing ponsel. Baik itu soft-case atau silicon, sebaiknya segera lepaskan. Dan jika bisa, lepaskan baterai juga untuk sesaat.

Selain itu, kamu juga bisa mulai mengipasi ponsel. Mungkin ini terlihat konyol untuk dilakukan, tapi bayangkan saja ketika kamu mengipasi tubuh sendiri, pasti lama-lama akan dingin, dan itu akan terjadi juga pada ponsel.


Suhu ponsel yang terlalu panas akan memberikan dampak seperti baterai yang terkuras cepat, ponsel memulai ulang secara tiba-tiba, atau bahkan langsung brick dikarenakan kerusakan dalam (hardware). Dengan ketujuh tips diatas, memungkinkan perangkat kamu akan terhindar dari suhu yang terlalu panas.

Dan sekali lagi, diatas hanyalah semacam tips saja yang tidak bermaksud memaksa. Jadi jika itu tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan, sebaiknya biarkan untuk tetap seperti itu. Atau dengan kata lain, buatlah senyaman mungkin ketika menggunakan ponsel.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment