≡ Menu

Cara Mengaktifkan Penghematan Data di Google Chrome

Cara Mengaktifkan Penghematan Data di Google Chrome

Menjelajah internet di ponsel kini nyaris sama seperti melakukannya di komputer, dimana data/kuota yang dikeluarkan sangat besar. Berbeda jika menggunakan ponsel lama seperti Java/Symbian yang daapt menghemat dengan baik pengeluaran data ketika mengakses situs web.

Google Chrome adalah peramban yang telah tersedia untuk keseluruhan ponsel Android. Segala pencarian yang dilakukan di aplikasi Google akan dilontarkan ke browser Chrome untuk mengunjungi halamannya.

Dulunya peramban tersebut nyaris sama borosnya seperti yang lainnya. Namun sekarang ini sudah tersedia fitur penghematan data yang akan membuat keluaran data semakin sedikit dari sebelumnya. Fitur tersebut wajib diaktifkan apabila kamu sekarang menggunakan kartu seluler dan berlangganan paket data.

Baca juga: Trik Memasang Ekstensi Chrome di Browser Android

Tutorial Mengaktifkan Penghematan Data di Chrome Android

Sebelum mengaktifkannya, akan lebih baik untuk memperbarui versi browser Google Chrome terlebih dahulu. Sebab di versi lama, fitur penghematan data ini masih tidak tersedia dan siapa tahu ponsel kamu masih menggunakan Chrome versi lama.

Dan apabila browser Chrome telah berada di versi terbaru, silakan ikuti tata cara dibawah ini untuk mengaktifkan fitur penghematan data.

  1. Buka browser Google Chrome dan ketuk pada tombol opsi (titik tiga).

    Tutorial Mengaktifkan Penghematan Data di Chrome Android

  2. Pilih menu Setelan.

    Tutorial Mengaktifkan Penghematan Data di Chrome Android

  3. Gulir kebawah dan tekan pada menu Penghemat Kuota Internet.

    Tutorial Mengaktifkan Penghematan Data di Chrome Android

  4. Aktifkan dengan menggeser kanan tombol kontrol disebelah kanan atas.

    Tutorial Mengaktifkan Penghematan Data di Chrome Android

  5. Selesai, mode penghematan data telah aktif.

Disana, kamu juga bisa melihat proses penghematan data yang dilakukan oleh Chrome terhadap halaman yang dibuka sebelumnya. Dan fitur ini nampaknya tidak berfungsi apabila koneksi yang kamu pakai adalah WiFi. Jadi hanya berfungsi dengan baik apabila memakai data seluler saja.

Bagaimana Mode Penghemat Data di Chrome Bekerja?

Fitur ini memiliki fungsional untuk mengompres konten yang terdapat pada halaman yang sedang dibuka. Yang merujuk pada sisi HTML, Javascript, CSS, serta Resource lain termasuk gambar.

Dengan mengompresnya, itu tidak akan mengurangi kualitas halaman tersebut dan segalanya akan tampak normal, hanya saja ukuran halaman tersebut lebih kecil dari sebelumnya.

Baca juga: Cara Mengakses Situs Web Secara Offline pada Chrome Android

Kesimpulan

Fitur penghemat data sangat penting untuk diaktifkan bagi kamu yang sedang berlangganan paket data tiap bulannya. Ini akan membantu kamu untuk melindungi dari pemborosan data ketika mengakses situs web yang sangat banyak tiap harinya.

Namun, fitur penghemat data tak akan berfungsi apabila digunakan untuk melakukan streaming video (misalnya di Youtube). Sebab melakukan streaming, sudah layaknya seperti mengunduh video. Dan untuk menghemat data ketika streaming, hanya bisa dilakukan dengan memilih resolusi video ke lebih rendah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment