≡ Menu

2 Cara Memindahkan Semua Nomor Kontak ke HP Baru

Apakah kamu memiliki HP baru dan ingin sekali memindahkan seluruh kontak ke HP tersebut? Itu bisa dilakukan dengan langkah yang mudah. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu cara manual atau menggunakan bantuan aplikasi. Keduanya sama-sama praktis untuk dilakukan.

Melakukan migrasi seperti ini tidaklah berlaku apabila seluruh nomor kontak tersebut disimpan pada kartu SIM. Sebab untuk memindahkan ke HP baru, kamu cukup menaruh kartu SIM tersebut dan seluruh nomor di ponsel lama akan langsung tampil.

Namun cara ini berguna apabila seluruh atau sebagian nomor kontak yang ada di HP lama tersimpan pada penyimpanan ponsel/internal. Dan yang diperlukan sebenarnya tidaklah banyak, hanyalah satu berkas yang berisi seluruh nomor kontak. Jika ingin mengetahui lebih lengkap, terus simak artikel ini.

Baca juga: Tips Sebelum Reset Ponsel Tanpa Kehilangan Kontak dan Sebagainya

1. Memindahkan Nomor Kontak Secara Manual

Didalam satu berkas berformat VCF, bisa menyimpan ratusan atau bahkan ribuan nomor kontak sekaligus. Jadi sekarang untuk membuat berkas tersebut, silakan buka aplikasi kontak pada ponsel yang lama. Kemudian tekan tombol opsi dan pilih Export.

Memindahkan Nomor Kontak di Android Secara Manual

Biasanya aplikasi akan meminta untuk memilih kontak mana saja yang akan di-export, dan dalam kasus ini silakan pilih semuanya dan kemudian lanjutkan untuk meng-exportnya. Sehingga berkas VCF tadi akan tersimpan pada direktori utama SD Card atau Penyimpanan Internal.

Tahap selanjutnya adalah mengirimkan berkas VCF tadi ke ponsel baru. Kamu bisa mengirimkan melalui Bluetooth atau semacamnya. Dan ketika berkas telah berhasil terkirim, silakan buka dan secara otomatis akan menuju ke aplikasi kontak untuk menyimpan seluruh nomor kontak yang ada pada berkas VCF tersebut.

2. Memindahkan Kontak dengan Bantuan Aplikasi

Jika menurut kamu melakukan secara manual terlihat ribet, maka cara kali ini lebih mudah daripada itu. Tapi intinya masih tetap sama, yakni mendapatkan satu berkas berisi nomor kontak keseluruhan. Dan berkasnya masih sama, yaitu berformat VCF.

Silakan pasang aplikasi bernama Contacts Backup & Restore pada HP lama dan baru. Sekarang buka aplikasi di HP lama dan tekan menu Export. Lalu akan ada pilihan, yaitu All atau Select, dan jika kamu ingin memindahkan seluruh kontak, cukup pilih opsi yang All

Memindahkan Nomor Kontak di Android dengan Aplikasi

Tunggu proses export selesai, dan jika selesai akan muncul pilihan untuk membagikan file export tadi. Kamu bisa memilih Bluetooth apabila ingin mengirimkan file tersebut melalui Bluetooth ke HP yang baru.

Sekarang buka aplikasi tersebut pada HP yang baru. Lalu tekan opsi Restore. Lanjutkan dengan menekan tombol Folder yang ada dibagian atas. Kemudian pilihlah file VCF yang diterima dari bluetooth tadi.

Memindahkan Nomor Kontak di Android dengan Aplikasi

Hampir selesai, setelah membuka file VCF tadi akan ditujukan ke bagian pemilihan kontak. Disini kamu bisa memilih seluruh kontak dan kemudian menekan tombol Simpan yang ada dibagian atas. Selesai, seluruh kontak telah berpindah.

Memindahkan Nomor Kontak di Android dengan Aplikasi

Baca juga: Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus di Android

Kesimpulan

Kedua cara diatas nyaris tidak memiliki perbedaan. Sebab ponsel Android pada dasarnya telah menyiapkan fitur export dan import yang mana itu sebenarnya cukup digunakan untuk melakukan migrasi. Tapi jika kamu lebih suka menggunakan aplikasi, itu juga tidaklah masalah.

Yang pasti secara keseluruhan, file yang berisi nomor kontak ini akan tersimpan dalam bentuk VCF yang artinya adalah Virtual Contact File atau biasa juga disebut sebagai vCard. Sangat penting untuk menyimpan berkas tersebut supaya tak disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Atau akan lebih baik, ketika file tersebut sudah digunakan untuk memindahkan kontak, silakan langsung dihapus saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment