≡ Menu

Cara Menampilkan Folder dan File Tersembunyi di HP Android

Cara Menampilkan Folder dan File Tersembunyi di HP Android

Terkadang kita tidak pernah sadar akan semua file yang disimpan pada kartu memori. Misalnya file yang ditambahkan oleh suatu aplikasi yang dipasang pada ponselnya. Karena kebanyakan filenya akan tersembunyi dan tak dapat dilihat melalui Pengelola File.

Pada dasarnya file atau folder yang tersembunyi pada ponsel Android akan masih tetap terbaca jika dilihat melalui komputer. Sebab sistem di Android hanya menerapkan hal tersebut terhadap file dan folder yang memiliki nama awalan simbol titik.

Tapi ada cara untuk mengetahui seluruh file tersembunyi itu tanpa perlu komputer. Yaitu melalui bantuan aplikasi file manager yang memiliki fitur khusus untuk menampilkan file yang tersembunyi.

Baca juga: Solusi HP Lemot Padahal Aplikasi Sedikit

Trik Menampilkan Folder atau File Tersembunyi di Android

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat menampilkan file atau folder tersembunyi. Namun pada artikel ini, akan menunjukkan cara untuk melakukan itu menggunakan aplikasi bernama X-Plore. Itu merupakan aplikasi file manager alternatif yang memiliki banyak fitur. Berikut ini tata caranya.

  1. Buka aplikasi X-Plore dan tekan pada tombol opsi (3 titik)

    Menampilkan File Tersembunyi di X-Plore

  2. Ketuk pada menu Konfigurasi

    Menampilkan File Tersembunyi di X-Plore

  3. Pada bagian paling atas, beri centang pada opsi Tampilkan file Tersembunyi

    Menampilkan File Tersembunyi di X-Plore

  4. Selesai

Setelah melakukan langkah diatas, seluruh file dan folder yang tersembunyi akan langsung tampil. Namun itu hanya dapat dilihat pada X-Plore saja. Mulai sekarang kamu bisa mengelola file atau folder tersembunyi tersebut seperti menghapus yang sekiranya tidak diperlukan untuk menghemat kapasitas kartu memori atau internal.

Mengapa Banyak Sekali Folder Tersembunyi?

Mungkin beberapa orang akan menanyakan hal ini. Tapi ketahuilah bahwa adanya folder tersembunyi yang banyak adalah normal apabila ponsel kamu terinstal banyak aplikasi atau game. Biasanya folder tersebut dibuat secara otomatis dan akan hilang apabila aplikasi/game di-uninstal.

Dan sebagai saran, gunakan aplikasi pembersih sampah seperti Clean Master atau CCleaner. Aplikasi sejenis itu juga dapat menghapus file sampah pada dalam folder tersembunyi tanpa berpengaruh ke aplikasi/game.

Baca juga: Cara Mengetahui File yang Tersembunyi pada Windows

Kesimpulan

Inti dari tulisan ini adalah menampilkan file dan folder yang memiliki nama dengan simbol titik di-awalan. Kadang ada pula file manager bawaan ponsel yang mendukung untuk menampilkan file tersembunyi. Sehingga tak perlu lagi menggunakan aplikasi file manager alternatif. Apabila kamu memiliki kendala terhadap tata cara diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment