≡ Menu

Tutorial Memperbarui Antivirus Avast pada Komputer

Tutorial Memperbarui Antivirus Avast pada Komputer

Antivirus merupakan program yang sangat penting untuk segala perangkat, khususnya pada komputer. Itu berguna untuk mencegah adanya program jahat yang ingin mengakses lebih dalam terhadap perangkat. Dengan memiliki program antivirus yang terpasang, kamu tak perlu khawatir lagi terhadap adanya program jahat.

Seiring berjalannya waktu, terdapat jenis-jenis program jahat yang bisa mengelabuhi antivirus. Namun itu tak akan terjadi apabila program Antivirus diperbarui secara rutin. Dengan begitu, virus jenis baru tak akan bisa masuk, karena sudah dikenali oleh antivirus.

Avast adalah program Antivirus yang memiliki pengguna yang sangat banyak. Tak hanya ringan, tapi pendeteksi terhadap program jahat juga sangat luar biasa. Bahkan ada fitur untuk mencegah komputer sampai kemasukan ransomware, yang mana itu sangat bagus. Dan artikel ini akan membahas tentang cara memperbarui program Avast supaya kamu bisa mendapatkan segala fitur yang baru.

Baca juga: Menambah Pengecualian File dan Situs Web di Antivirus Avast

Cara Memperbarui Antivirus Avast pada PC

Penting untuk memperbarui Avast setidaknya 1 bulan sekali untuk mendapatkan keamanan yang lebih baik lagi. Proses pembaruan juga tidak mencakup waktu yang lama selagi koneksi internet stabil.

Ada dua jenis pembaruan, yaitu definisi virus dan program. Jika definisi virus biasanya akan diperbarui setiap waktu meski kamu tak menyadarinya. Sedangkan untuk program, biasanya membutuhkan konfirmasi pengguna terlebih dahulu sebelum memulai pembaruan.

Jadi artikel ini akan menunjukan bagaimana cara memperbarui program Avast beserta gambaran. Segala jenis produk Avast Antivirus baik itu Premier, Internet Security, dan lain-lain memiliki menu yang sama, sehingga ini berguna untuk seluruh jenis program Antivirus Avast.

  1. Silakan buka terlebih dahulu program Avast
  2. Klik opsi Menu, kemudian lanjutkan memilih Pengaturan

    Cara Memperbarui Antivirus Avast pada PC

  3. Lalu klik pada menu Pembaruan

    Cara Memperbarui Antivirus Avast pada PC

  4. Pada bagian Program, silakan tekan tombol Pembarui

    Cara Memperbarui Antivirus Avast pada PC

  5. Tunggu sampai proses pembaruan selesai, dan kemudian Avast akan menyuruh untuk memulai ulang komputer (reboot)

Setelah komputer dimulai ulang, maka program Avast sudah berhasil diperbarui. Biasanya secara otomatis komputer akan membuka program Avast dan menampilkan dialog bahwa Avast sudah berhasil diperbarui dengan lancar.

Tips Supaya Tidak Telat Memperbarui Program Avast

Terkadang kita tidak ingat sudah seberapa lama tak pernah memperbarui program Avast. Hal tersebut memungkinkan akibat notif pembertihuan Avast sedang dinonaktifkan dan lebih memilih untuk memperbarui secara manual.

Tapi supaya kamu tak lagi ketinggalan update, silakan ikuti tata cara diatas sampai langkah ke-3, kemudian pada bagian Program, silakan klik pada opsi Pengaturan. Akan muncul beberapa opsi, cukup pilih pada Tanyakan saat pembaruan tersedia.

mengaktifkan Notif Pembaruan Avast pada PC

Dengan begitu kamu tak akan terlewatkan setiap kali ada pembaruan Avast. Karena sistem akan menampilkan dialog kecil yang akan mengingatkan. Dan ketika dialognya muncul, itu masih menjadi keputusanmu, ingin memperbaruinya secara langsung atau ditunda.

Baca juga: Begini Cara Menjalankan Suatu Program dalam Modus Sandbox

Kesimpulan

Memperbarui program Antivirus adalah sesuatu yang wajib dilakukan untuk melindungi privasi komputer lebih baik lagi. Jangan pernah menganggap remeh terhadap program jahat, karena jika komputer sudah kemasukan sejenis malware, kadang sulit untuk menghilangkannya meski melalui segala program Antivirus.

Dengan memperbarui program Antivirus, akan mencegah segala jenis malware baru sampai masuk ke komputer. Atau intinya adalah lebih baik mencegah daripada mengatasi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment