≡ Menu

Cara Memblokir Suatu Alamat Email pada Gmail

Banyak kegunaan yang ada pada satu alamat email. Untuk saat ini akun email tak hanya dipakai untuk melakukan komunikasi saja, tapi juga sebagai identitas untuk mendaftar pada suatu website. Untuk itulah mengapa akun email harus dijaga dengan baik supaya tidak sampai ada di tangan orang lain.

Membahas mengenai email, pastilah suatu saat akan ada yang namanya pesan email berjenis spam. Itu merupakan pesan yang telah disaring oleh sistem dimana isinya dianggap sebagai hal yang tidak bermutu, atau dikirim secara otomatis.

Itu tidak masalah jika sistem terus dapat menyaringnya, tapi kadangkala sistem juga tak dapat melakukan itu dengan baik, sehingga suatu pesan spam terkadang masih muncul pada Inbox. Dan solusi yang terbaik untuk menghentikan itu adalah memblokir alamat email yang mengirim pesan spam tersebut.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Sinkronisasi Email di Android

Bagaimana Cara Memblokir Suatu Alamat Email?

Tulisan ini akan mengajarkan tata cara sederhana untuk memblokir suatu alamat email pada Gmail. Dulunya fitur untuk memblokir ini tidak ada dan hanya bisa mengandalkan filter saja. Namun mulai tahun 2015 sudah tersedia fitur untuk memblokir alamat email.

Jadi mulai sekarang kamu bisa memblokir alamat email yang sekiranya terus mengirim pesan spam supaya itu bisa dihentikan. Dan kamu pun juga dapat melepas pemblokiran tersebut apabila dirasa sudah cukup untuk memblokirnya. Berikut ini tutorial cara memblokirnya:

  1. Silakan masuk ke halaman Gmail dan buka pesan email yang dianggap spam.
  2. Klik pada tombol opsi (titik 3) yang berada di sebelah kanan.

    Cara Memblokir Suatu Alamat Email

  3. Lalu pilih menu Blokir "NAMA"

    Cara Memblokir Suatu Alamat Email

  4. Akan muncul dialog konfirmasi, cukup tekan tombol Blokir

    Cara Memblokir Suatu Alamat Email

  5. Sekarang alamat email tersebut sudah berhasil diblokir.

Semenjak saat itu, pesan yang dikirim oleh alamat email yang telah diblokir tidak akan lagi ditampilkan dan akan langsung terhapus secara otomatis oleh sistem. Tapi ketahuilah bahwa cara ini hanya dapat menerapkan satu alamat email saja, jadi jika mereka menggunakan alamat email berbeda nama, tentu itu tak akan tersaring.

Baca juga: Cara Mengubah Recovery Email dan Telepon pada Akun Gmail

Melepas Pemblokiran pada Suatu Alamat Email di Gmail

Ini tidak jauh berbeda seperti melepas pemblokiran untuk orang di akun Facebook. Perbedaan satu-satunya hanyalah ini khusus alamat email di Gmail saja. Dan kamu dapat menemukan halaman pelepasan pemblokiran tersebut pada bagian pengaturan, selengkapnya silakan simak dibawah ini.

  1. Pada halaman Gmail, Klik ikon roda gigi (Pengaturan)

    Cara Melepas Pemblokiran pada Suatu Alamat Email

  2. Pilih menu Setelan

    Cara Melepas Pemblokiran pada Suatu Alamat Email

  3. Silakan menuju tab Filter dan Alamat yang Diblokir

    Cara Melepas Pemblokiran pada Suatu Alamat Email

  4. Gulir kebawah dan nantinya akan muncul alamat yang sedang diblokir sekarang. Untuk melepaskannya, cukup menekan opsi Bebaskan

    Cara Melepas Pemblokiran pada Suatu Alamat Email

  5. Akan muncul dialog konfirmasi, cukup klik tombol Buka Blokir

    Cara Melepas Pemblokiran pada Suatu Alamat Email

Bukan hal yang sulit kan? Tak ada batasan dalam memblokir alamat email, jadi kamu dapat memblokir sebanyak mungkin yang diinginkan. Tapi jika sekiranya kamu mengalami masalah dimana pesan spam yang masuk selalu memiliki alamat email yang berbeda-beda tapi domainnya sama, sangat disarankan memakai fitur filter.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment