≡ Menu

Kegunaan dari Fitur Arsip Cerita di Facebook

Kegunaan dari Fitur Arsip Cerita di Facebook

Terdapat banyak hal menarik yang tersedia pada Facebook, setiap tahunnya selalu saja ada sesuatu baru yang mana membuat semua pengguna selalu betah menggunakannya. Dibanding dengan sosial media lain, tentunya Facebook justru memiliki kelebihan yang lebih banyak.

Mungkin sebagian orang masih belum pernah mendengar tentang fitur Arsip yang ada di Facebook. Sebenarnya fitur tersebut sudah ada cukup lama, hanya saja tidak sering digunakan karena kemungkinan tak banyak yang mengerti apa kegunaan sesungguhnya.

Dan sebenarnya fitur Arsip juga tidak hanya berbentuk satu jenis saja. Yang pertama ada Arsip Cerita, dan yang kedua ada Arsip Pesan. Siapa tahu kedepannya akan ada Arsip yang lainnya juga. Tapi ngomong-ngomong tentang Arsip, sudah tahukah kamu apa itu sebenarnya?

Baca juga: 5 Tips Mengamankan Akun Facebook yang Habis Dibajak

Apa Itu Arsip Cerita di Facebook?

Walau saat artikel ini dibuat sudah ada dua jenis fitur Arsip, namun kali ini hanya menjelaskan mengenai Arsip Cerita saja yang ada di Facebook. Jadi kegunaan dari fitur tersebut ialah menyimpan segala konten cerita yang pernah diunggah.

Sehingga cerita yang pernah dibuat dan berakhir 24 jam kedepan tidak akan terhapus secara permanen, namun masih dapat disimpan pada sistem Facebook dan hanya kamu saja yang dapat melihat konten tersebut. Jadi dengan cara inilah kamu tidak akan kehilangan kenangan manis dari foto/video di cerita yang pernah dibuat.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Arsip Cerita di Facebook?

Fitur untuk mengarsipkan cerita ini hanya dapat diaktifkan melalui Facebook versi desktop dan masih belum tersedia pada versi mobile/ponsel. Jadi apabila kamu ingin mengaktifkannya, silakan siapkan komputer atau laptop dan kemudian ikuti caranya dibawah ini.

  1. Buka Facebook dan menuju ke Profil.
  2. Silakan memilih tab Arsip

    Cara Mengaktifkan Arsip Cerita di Facebook

  3. Klik pada tombol Aktifkan Arsip Cerita

    Cara Mengaktifkan Arsip Cerita di Facebook

  4. Selesai, mulai sekarang fitur Arsip Cerita telah diaktifkan.

Untuk mengetahui fitur ini bekerja atau tidak, silakan unggah foto atau video pada cerita dan kemudian tunggu sampai cerita menghilang (24 jam). Lalu kunjungi tab Arsip pada profil, pasti cerita yang menghilang tadi akan tampil disini.

Baca juga: Trik Melihat Instagram Stories Teman Tanpa Ketahuan

Kesimpulan

Tidak ada salahnya untuk menggunakan fitur Arsip Cerita ini sebagai galeri pribadi di Facebook. Lagipula tiada orang yang dapat melihatnya dan hanya kamu saja. Selain itu tak ada batasan dalam penyimpanan cerita yang pernah dibuat.

Jika sekiranya ingin menonaktifkannya, cukup mengikuti cara diatas sampai langkah ke-2 dan kemudian menekan tombol Opsi (roda gigi), lalu menekan tombol Nonaktifkan Arsip Cerita. Namun dengan menonaktifkan fitur tidak akan membuat semua konten sebelumnya terhapus, alias hanya menghentikan penyimpanan cerita saja mulai saat itu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencobas

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment