≡ Menu

Tips Supaya Website Tak Dialihkan ke GoogleWebLight

Tips Supaya Website Tak Dialihkan ke GoogleWebLight

Google menciptakan banyak fitur yang memungkinkan setiap pengguna yang mencari sesuatu di internet mendapatkan kenyamanan. Salah satunya adalah dapat mengakses segala situs meski pada kondisi jaringan tak terlalu cepat.

Ketika pengguna sedang menggunakan jaringan yang tergolong lambat dan sedang mencari di Google. Maka ketika ia menuju ke sebuah situs web, secara otomatis akan dialihkan ke GoogleWebLight. Dimana melalui fitur itu, pengguna bisa mengakses halaman 50% lebih cepat.

Walau pada Indonesia sudah tersedia jaringan 4G, namun masih banyak yang mengalami lemot pada koneksi internetnya baik itu memakai jaringan 4G atau 3G sekalipun. Nah dengan begini bisa disimpulkan bahwa sebagai pemilik situs, kita harus menyamakan hal ini dengan cara mengoptimisasi halaman supaya tidak lambat ketika diakses.

Baca juga: Perbandingan Antara Hosting Gratis dan Berbayar

Tips Bagi Pemilik Situs Web

Satu-satunya cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari adanya pengunjung dari GoogleWebLight adalah meningkatkan kecepatan loading halaman website. Ini tidaklah sulit apabila kamu benar-benar melakukannya dengan baik.

Ada banyak teknik yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan website, salah satunya adalah mengompres gambar yang ada pada halaman dan memastikan ukuran halaman tersebut tidak sampai 1MB, atau maksimal adalah 500KB.

Tersedia berbagai cara untuk mengoptimisasi ukuran halaman website supaya menjadi kecil. Silakan simak semua itu pada artikel berjudul Cara Lengkap Mempercepat Loading Website untuk SEO.

Tambahan, jika memang diperlukan guna untuk membuat pengunjung mobile lebih nyaman, silakan pasang AMP (Accelerated Mobile Pages). Terkadang GoogleWebLight tak akan digunakan selama situs web menggunakan AMP, sebab halaman versi AMP pada dasarnya sangat ringan sekali.

Tips Bagi Pengguna Internet

Tips ini ditujukan untuk kamu yang mengalami kejadian ter-alihkan ke GoogleWebLight ketika mengakses situs melalui pencarian Google. Sadarilah bahwa pada dasarnya ini memang disebabkan koneksi internet kamu yang terlalu lambat.

Jadi awalnya Google akan mendeteksi kecepatan jaringan selagi kamu mencari di internet. Dan ketika sistem Google menyadari bahwa koneksi kamu tidak tergolong cepat, maka di-sediakanlah GoogleWebLight sebagai jalur untuk mengakses situs yang dituju.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu punya dua pilihan. Pertama adalah keluar dari GoogleWebLight dan mengakses situs asli. Ini sangat mudah sekali, kamu hanya perlu menekan opsi View Original Page dan kemudian halaman yang asli akan ter-muat.

Keluar dari GoogleWebLight

Dan pilihan kedua adalah mencoba menggunakan jaringan internet yang lain. Misalnya kamu bisa menggunakan kartu SIM lain atau mencoba jaringan WiFi apabila memang ada. Dan usahakan jika menggunakan data seluler, pastikan jenis jaringannya minimal adalah 3G dan jangan sampai 2G.

Baca juga: Cara Membuat Halaman 404 pada Website

Kesimpulan

Secara keseluruhan, pemilik situs harus meningkatkan kecepatan loadingnya supaya situs tidak sampai dialihkan ke GoogleWebLight oleh sistem Google. Sedangkan untuk pengguna internet juga harus memastikan bahwa koneksi internetnya stabil apabila tidak ingin memasuki GoogleWebLight.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment