≡ Menu

Cara Mengecek Kartu SIM yang Telah Di-Registrasi

Cara Mengecek Kartu SIM yang Telah Di-Registrasi

Dimulai sejak tahun 2018, semua orang harus mendaftarkan kartu SIM yang dimiliki menggunakan nomor NIK dan KK guna untuk mendapatkan keamanan dalam berkomunikasi. Tanpa di-registrasi, kartu SIM tersebut akan dihanguskan oleh layanan operator dan tak bisa digunakan kembali.

Proses registrasi kartu SIM juga sangat mudah dan cepat, ini hanya memerlukan setidaknya maksimal 5 menit dan ketika telah terdaftar, kamu bisa mulai menggunakannya secara normal. Ada kalanya kamu tidak tahu atau tidak ingat apakah kartu SIM yang dipakai sekarang sudah ter-registrasi. Dan jika itu benar, silakan lanjutkan simak tulisan ini.

Tulisan ini akan mengajarkan bagaimana cara mengecek apakah nomor telah sukses registrasi. Ini berguna ketika kamu membeli kartu baru, khususnya seperti kartu paket internet. Karena terkadang nomor tersebut sudah di-registrasi oleh pemilik konter sehingga pembeli langsung bisa memakainya.

Baca juga: Cara Unreg Kartu SIM Semua Operator dengan Mudah

Cara Cek Nomor atau Kartu SIM yang Telah Ter-Registrasi

Setiap layanan operator memberikan cara yang berbeda-beda dalam mengecek status pendaftaran saat ini. Namun kamu tidak perlu khawatir karena semuanya memiliki cara yang terbilang mudah sekali. Tanpa basa-basi lagi, berikut ini tata cara mengeceknya, silakan pilih berdasarkan kartu yang kamu pakai sekarang.

Telkomsel
Buka menu panggilan dan ketik *444# lalu dial. Bisa juga mengecek melalui website, silakan klik disini.

Axis / XL
Buka menu panggilan dan ketik *123*4444# lalu dial.

Indosat
Buka perpesanan, ketik INFO#nomor telepon# lalu kirim ke 4444. Harap untuk mengganti teks “nomor telepon” dengan nomor yang kamu pakai saat ini.

Tri
Buka perpesanan, ketik STATUS lalu kirim ke 4444. Bisa juga mengecek melalui website pada halaman Cek Registrasi Tri.

Smartfren
Silakan menuju halaman Cek Pendaftaran Nomor Smartfren dan isikan formulir yang tersedia disana.

Selain menggunakan cara ini, kamu juga dapat mengecek status pendaftaran nomor dengan menuju gerai operator terdekat sesuai kartu SIM yang digunakan. Namun pikirkan terlebih dahulu, sebab memakai cara diatas terbilang sangat praktis dan memakan waktu sebentar saja.

Kesimpulan

Mengecek nomor yang telah di-registrasi sangat penting guna untuk mencegah adanya tindakan pemblokiran yang tak diketahui akibat nomor belum terdaftar. Jika kamu sekiranya mengalami kegagalan dalam registrasi, silakan simak pada artikel Solusi Mengatasi Gagal Registrasi Kartu SIM.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment