≡ Menu

4 Tips Menghemat Baterai Laptop Supaya Tidak Cepat Habis

4 Tips Menghemat Baterai Laptop Supaya Tidak Cepat Habis

Baterai pada laptop kebanyakan memiliki kapasitas daya yang tidak cukup besar, kemungkinan 2-3 jam akan habis. Tapi adapun yang dapat bertahan sampai 6 jam tergantung dari bagaimana perangkat itu digunakan.

Jika laptop lebih sering dipakai untuk bermain game, tentu daya tahan baterai tidak akan berlangsung lama. Hal tersebut dikarenakan sebuah game persisnya membutuhkan resource yang tinggi sehingga perangkat laptop akan bekerja lebih dari biasanya.

Ada sedikit cara supaya laptop kamu tidak suka boros baterai dan bisa dipakai untuk jangka waktu yang lebih lama dari biasanya. Tapi sebelumnya mohon ketahuilah bahwa apa yang dibagikan dibawah ini adalah semacam tips, jadi apa yang menjadikannya berfungsi dapat dilihat dari bagaimana kamu menerapkan nantinya.

Baca juga: Cara Mengetahui Apakah Cooling Fan Laptop Berfungsi

1. Mengatur Power Plan Menjadi Balanced

Dengan mengaturnya sebagai Balanced memungkinkan adanya beberapa fitur yang dibatasi. Ini sangat bagus diaktifkan ketika kamu benar-benar ingin menghemat daya baterai. Setelah mengaturnya, secara otomatis Setelan Graphic juga akan berpengaruh.

Mungkin layar laptop akan lebih redup dari biasanya, tapi memang begitulah modus balanced ini bekerja. Secara keseluruhan kamu tidak perlu khawatir dalam mengaktifkan modus ini, karena ini memang disesuaikan untuk penghematan energi.

2. Tidak Melakukan Multitasking Secara Berlebihan

Maksud dari melakukan multitasking adalah membuka banyak program dalam waktu yang sama. Sangat direkomendasikan untuk membuka maksimal 2 sampai 3 program saja. Lebih dari itu berkhawatir adanya konsumsi daya yang tinggi.

Contohnya ketika kamu sedang menulis pada Microsoft Words, sambil mendengarkan musik di Spotify dan juga tidak sadar adanya program Browser yang masih terbuka. Ini juga berpengaruh sekali terhadap daya baterai.

3. Memastikan CPU Tidak Terus Tinggi

Satu-satunya hal yang bisa membuat baterai bisa cepat habis secara drastis adalah tidak tahu atau tidak sadar terhadap nilai CPU yang terus meninggi. Jika CPU selalu meningkat diatas 70%, itu bukanlah sesuatu yang bagus dan harus diketahui penyebabnya.

Normalnya, jika kamu tidak membuka banyak program, nilai CPU tidak akan sampai 50%, namun jika lebih dari itu meski tidak membuka program, kemungkinan besar terdapat program yang berjalan tersembunyi, entah itu suatu malware atau sejenisnya. Tapi solusinya adalah mencoba melakukan scanning penuh dengan bantuan program antivirus.

4. Matikan Jaringan WiFi Apabila Tidak Digunakan

Sama halnya seperti di ponsel pintar, ketika jaringan WiFi diaktifkan akan membuat perangkat terus memindai jaringan WiFi yang ada. Dan meski ini tidak mempengaruhi ke CPU, tapi ketika sistem melakukan scanning secara terus-menerus, ini akan menguras baterai sedikit demi sedikit.

Jadi selagi tidak menggunakan WiFi, sebaiknya dimatikan saja untuk menghemat baterai lebih baik lagi. Untuk pengguna OS Windows 8 keatas bisa mengontrol jaringan WiFi dengan mudah, sedangkan bagi pengguna OS Windows 7, untuk mematikan WiFi, harus mematikan dari adapternya.

Baca juga: Tips Membeli Baterai Baru untuk HP Android

Kesimpulan

Selama kamu dapat menerapkan ke-empat tips diatas, sangat menjamin daya baterai pada laptopnya akan lebih awet dari biasanya. Dan sebagai saran, jika penggunaan laptop hanya dirumah, akan lebih baik sambil dicas.

Tidak perlu khawatir, sistem laptop dapat memutus alur listrik ke baterai apabila baterai terdeteksi telah penuh sehingga ini tidak akan merusak baterai itu. Dan apabila kamu memiliki tips untuk menghemat daya baterai selain diatas, silakan bagikan di komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment