≡ Menu

5 Tips Mengamankan Akun Facebook yang Habis Dibajak

5 Tips Mengamankan Akun Facebook yang Habis Dibajak

Sangat mengesalkan sekali apabila kita memiliki satu akun Facebook pribadi dan kemudian terdapat seseorang yang tak bertanggung jawab membajak dan melakukan tindakan yang tidak benar. Contohnya adalah mengirim pesan ke banyak orang dengan kata-kata yang berunsur buruk.

Tentu hal tersebut akan menimbulkan persetruan, sehingga mereka memblokir akun kita dan menganggap bahwa yang mengirim pesan itu adalah diri kita sendiri. Apabila hal ini sedang terjadi padamu, tentunya ada beberapa langkah supaya akun bisa tetap aman kembali tanpa takut dibajak untuk kedua kalinya.

Artikel ini akan membagikan tips supaya akun tetap aman apabila habis dibajak oleh seseorang. Karena mungkin saja kamu sedang kebingungan mengenai apa saja yang harus dilakukan supaya sang pembajak tidak lagi memasuki akun lagi. Yang terpenting untuk sekarang, silakan tenangkan pikiran dan mulai melakukan dari langkah pertama sampai selesai.

Baca juga: Tips Mengatasi dan Mencegah Akun Instagram Diretas

1. Mengetahui Penyebab Akun Dibajak

Dengan mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu, memungkinkan kamu dapat menyelesaikan masalah ini lebih cepat. Jadi silakan buka alamat email yang tertaut pada akun dan kemudian cari pesan dari Facebook. Biasanya Facebook akan mengirim pesan jika terdapat aktivitas login dari perangkat lain dan juga adanya pergantian sandi.

Nah apabila ternyata pesannya mengatakan adanya pergantian sandi, silakan lihat kira-kira melalui metode apa untuk mengganti sandinya, misalnya melalui nomor HP atau alamat email. Jika disana tampil melalui alamat email, silakan langsung ganti sandi akun email saat ini.

Tapi jika disana tampil pergantian sandinya dilakukan melalui nomor ponsel, silakan reset terlebih dahulu password Facebook menggunakan email dan kemudian lanjutkan ke langkah kedua.

2. Menghapus Nomor HP yang Tidak Aktif

Ingat, nomor HP yang sudah expired akan terus diproduksi oleh layanan operator. Ini memungkinkan mereka yang menggunakan nomor itu dapat mereset sandi dengan metode nomor HP. Jadi setelah kamu telah mendapat kembali akunnya, silakan langsung hapus nomor HP tersebut.

Untuk menghapusnya sangat mudah, silakan menuju Pengaturan > Seluler dan mulai menghapus nomornya. Dan jika itu sudah dilakukan, langsung lanjut ke langkah ketiga.

3. Mengeluarkan Semua Perangkat yang Login

Facebook memiliki fitur yang dapat mencatat IP dan perangkat yang terhubung sekarang ini sekaligus memutuskan supaya pada perangkat tersebut bisa keluar atau logout dalam satu ketukan. Jadi kamu bisa mengeluarkan perangkat sang pembajak dari jarak jauh.

Caranya sangat mudah, silakan menuju Pengaturan > Keamanan dan Info Login. Lalu klik Lainnya dan dilanjutkan klik opsi Keluar Dari Semua Sesi. Tunggu sekejap dan pastinya disana akan disisakan satu perangkat saja yang tampil, dan itu adalah sesi kamu sekarang ini.

4. Mengecek Adanya Email Tambahan yang Tertaut

Jika sang pembajak cukup ahli dalam melakukan hal semacam ini, pasti dia sudah melakukan sesuatu supaya dapat membuka kembali akun target. Biasanya adalah dengan memasang email tambahan. Sehingga nantinya dia akan mengganti sandi lagi melalui email tambahan tersebut.

Untuk itu sangat penting untuk mengetahui adanya email yang ditambah oleh sang pembajak. Silakan menuju Pengaturan > Umum. Kemudian cek pada bagian email, kira-kira disana apakah terdapat alamat email yang dirasa tidak dikenal? Apabila ada, cukup dihapus saja.

Baca juga: Tips Supaya Akun Facebook Tetap Aman dari Para Peretas

5. Melihat Log Aktivitas

Langkah terakhir adalah mengecek log aktivitas. Berguna untuk mengetahui apa saja tindakan yang dilakukan oleh si pembajak. Misalnya mengetahui komentar, postingan, yang dilakukan ke suatu grup atau orang lain.

Fitur tersebut ada dibagian profil, silakan tekan tombol Log Aktivitas dan kemudian akan tampil seluruh aktivitas yang dilakukan secara rinci kecuali mengirim pesan/inbox.


Cukup dari lima tahap diatas, pasti dapat mengamankan kembali akun kamu. Dan sebagai saran, jangan pernah memberikan informasi login akun semacam email dan sandi ke suatu situs. Dan waspadai terhadap halaman login palsu (phising), sebab kebanyakan akun dibajak melalui teknik tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment