≡ Menu

Cara Menjadikan MEmu Sebagai Android Versi Lollipop

MEmu adalah salah satu emulator Android terbaik untuk perangkat Windows. Pada awalnya MEmu berkembang dari Android versi KitKat dan kini telah mendukung versi Android diatasnya, yakni adalah Lollipop.

Tapi ternyata masih banyak orang yang belum tahu bahwa MEmu sebenarnya telah mendukung Lollipop, hal tersebut disebabkan karena setiap kali telah memperbarui versi MEmu yang terbaru, versi Androidnya tetap saja KitKat.

Namun sebenarnya ketika pengguna telah memperbarui versi MEmu, paket Lollipop sebenarnya sudah terpasang namun masih belum dijalankan. Hal tersebut karena pengguna sebelumnya telah menggunakan Android versi KitKat dan untuk menjalankan Lollipop, maka harus memulai dari awal.

Baca juga: Cara Memperbarui atau Meng-upgrade MEmu

Cara Mengubah MEmu Sebagai Android Versi Lollipop

Pada MEmu terdapat fitur bernama Multi Instance. Dengan fitur tersebut, kamu bisa menjalankan dua emulator sekaligus dalam satu waktu. Dan dari fitur itulah kamu bisa menjalankan Android versi Lollipop pada MEmu.

Selengkapnya mengenai tata caranya, silakan ikuti langkah dibawah ini:

  1. Buka MEmu dan tekan pada ikon Multi MEmu

    Menambah atau Menjadikan Memu menjadi Android Lollipop

  2. Tekan tombol Create

    Menambah Android Lollipop pada MEmu

  3. Pilih Android 5.1

    Menambah Android Lollipop pada MEmu

  4. Tunggu proses pembuatan selesai.

    Menambah Android Lollipop pada MEmu

  5. Jika sudah selesai, tekan tombol Start

    Menambah Android Lollipop pada MEmu

  6. Selesai, Android versi Lollipop sekarang sudah dijalankan pada MEmu.

    Menambah Android Lollipop pada MEmu

Sebagai saran silakan tekan tombol Close pada instance yang tidak dipakai saat ini, contohnya seperti yang memakai versi KitKat, sehingga CPU komputer tidak terbebani akibat proses ganda.

Apakah Data yang Lama akan Tetap Sama?

Jawabannya adalah tidak, ketika pengguna membuat instance yang baru, maka data yang lama tidak akan di-ikut sertakan sehingga ini seperti proses pembuatan emulator yang baru sehingga datanya tidak akan ikut.

Jadi kamu tidak akan bisa menjalankan game yang telah terpasang pada KitKat untuk ke Lollipop saat ini dan harus mengunduhnya kembali.

Baca juga: Emulator Game Nintendo NES Terbaik untuk Android

Kesimpulan

Fitur Multi Instance lebih dikhususkan untuk perangkat PC yang memiliki spesifikasi yang tinggi, sehingga sistem tidak terbebani akibat beberapa proses yang berjalan bersama-sama.

Sedangkan cara diatas hanya berguna untuk berganti OS Android saja dan pengguna hanya cukup menutup instance yang lama supaya komputer tak terbebani. Selain itu pengguna juga dapat menghapus atau melakukan clone terhadap instance yang dimiliki.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment