≡ Menu

Cara Mengamankan Router ZTE F609 dan F660

Cara Mengamankan Router ZTE F609/F660

Router atau Modem berjenis ZTE f609 atau F660 saat ini banyak digunakan oleh pelanggan Indihome. Tapi ketahuilah bahwa pada router tersebut memiliki celah yang memungkinkan peretas dapat masuk dan melakukan segala hal yang mereka suka.

Walau celahnya tidak separah router lawas semacam ZXHN 108N yang mana jaringan WiFinya bisa mudah dimasuki oleh orang lain dari WPS. Sedangkan router F609/F660 ini memiliki celah dibagian telnet.

Walau kebanyakan akses menuju telnet sudah diblokir apabila pengguna berlangganan Indihome, tapi sebagian masih ada pula lho yang tetap aktif sehingga pengguna dapat mengakses telnet dengan informasi login default.

Baca juga: Trik Mengetahui Password Admin di Router ZTE F609

Apa Saja yang Dapat Dilakukan di Router Melalui Telnet?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah “segalanya“. Itu memang benar sekali karena akses pada telnet jauh lebih banyak dibanding dari halaman admin. Untuk itulah mengapa kamu harus mengamankan bagian telnet ini supaya tidak ada orang lain yang memasukinya.

Beberapa hal ini yang dapat dilakukan pada router ZTE F609/F660 melalui telnet:

  • Melihat & mengubah informasi lengkap jaringan WiFi termasuk SSID dan Password
  • Mengganti password administrator dan user
  • Mengubah password root di telnet
  • Mengganti script halaman login dan lainnya

Walau hal diatas masih bisa diatasi dengan cara mereset ulang router, tapi bukankah lebih baik mencegah daripada mengatasi?

Cara Mengamankan Router ZTE F609/F660

Yang pertama, pastikan apakah router dapat diakses dari telnet. Caranya sangat mudah, silakan menuju command prompt dan ketik perintah dibawah ini.

telnet 192.168.1.1

Angka diatas adalah IP yang dapat kamu ubah sesuai IP gateway routernya saat ini. Jika Windows tak mendeteksi fungsi telnet, silakan aktifkan dulu fitur telnet pada Windows atau bisa menggunakan bantuan program PuTTY.

Jika telnet pada router masih aktif, maka perangkat akan mendapatkan respon untuk menuliskan informasi login. Cukup isikan seperti ini.

Login: root
Password: Zte521

Apabila sudah masuk, lanjutkan menulis informasi berikut ini untuk melihat informasi login pada telnet saat ini.

sendcmd 1 DB p TelnetCfg

Pasti sekarang akan tampil informasi login routernya yang sama persis seperti diatas tadi. Dan untuk mengubah passwordnya, pakai perintah ini.

sendcmd 1 DB set TelnetCfg 0 TS_UPwd PASSWORD

Harap untuk mengganti teks PASSWORD dengan password yang diinginkan. Dan apabila sudah, silakan ketik perintah dibawah ini untuk menyimpan.

sendcmd 1 DB save

Dan langkah terakhir adalah memulai ulang routernya. Perintahnya sangat sederhan.

reboot

Selesai. Sekarang silakan tunggu router memulai ulang dan kemudian silakan cek kembali untuk masuk ke telnet dan mencoba password yang baru. Jika berhasil masuk, berarti kamu berhasil mengamankannya. Dan apabila masih tak dapat masuk dengan password yang baru, silakan ulangi lagi cara diatas.

Kesimpulan

Satu-satunya cara untuk mengamankan router ZTE F609/F660 adalah mengganti sandi telnet. Tak perlu mematikan fungsi telnet karena itu masih ada kegunaannya. Namun jika fitur telnet pada routernya sudah tidak aktif, cukup biarkan saja karena akan lebih baik begitu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment