≡ Menu

Cara Memalsukan Tanggal dan Waktu pada Suatu Program

Bisakah memalsukan tanggal dan juga jam pada sebuah program Windows yang sedang dijalankan sekarang? Tentu saja bisa. Yaitu dengan cara merubah tanggal dan waktu yang ada di komputer. Tapi ketahuilah bahwa ini akan menyebabkan konflik antara program lainnya seperti browser.

Jika kamu ingin memalsukan tanggal/waktu hanya untuk suatu program saja, maka sangat tepat sekali untuk hadir pada tulisan ini. Jadi program yang berjalan lainnya tidak akan berpengaruh atas pergantian waktu dan hanya program yang diatur saja.

Memalsukan Tanggal atau Waktu dengan RunAsDate

RunAsDate adalah nama program yang akan membantu kamu memalsukan tanggal sekaligus waktu pada program yang akan dijalankan. Ini merupakan program portable dengan ukuran yang mini serta aman untuk dipakai.

Tak banyak fitur lain kecuali memalsukan tanggal dan waktu saja, tapi secara keseluruhan hanya inilah program terbaik yang dapat melakukan hal semacam ini. Selengkapnya mengenai tutorial menggunakan RunAsDate, silakan simak caranya dibawah ini.

  1. Unduh terlebih dahulu program RunAsDate.
  2. Silakan extract dan kemudian buka programnya.
  3. Pada bagian Application to run, klik tombol Browse dan pilih program yang akan dijalankan.

    Cara Menggunakan Program RunAsDate di PC

  4. Di bagian Date/Time pilih sebagai Absolute date/time. Kemudian ubah tanggal dan waktu sesuai yang diinginkan pada kolom dibawahnya.

    Cara Menggunakan Program RunAsDate di PC

  5. Centang pada bagian Move the time forward according to real time dan juga Immediate mode.

    Cara Menggunakan Program RunAsDate di PC

  6. Selesai, sekarang tekan tombol Run untuk memulai menjalankan programnya.

    Cara Menggunakan Program RunAsDate di PC

Selain opsi yang disebutkan diatas, boleh dibiarkan saja. Dan apabila program yang dijalankan membutuhkan akses administrator, maka sebaiknya kamu menekan tombol Run As Administrator pada bagian bawah.

Kesimpulan

Program RunAsDate mampu memanipulasi dengan baik terhadap suatu program yang mendapatkan tanggal dan waktu langsung dari sistem komputer. Sedangkan ini tidak akan berfungsi apabila program yang dijalankan menggunakan sistem waktu yang diambil dari server, atau misalnya melakukan sinkronisasi.

Baca juga: Begini Cara Menjalankan Suatu Program dalam Modus Sandbox

Banyak orang menggunakan RunAsDate hanya untuk melakukan testing keamanan terhadap suatu program, misalnya sebuah produk yang memberikan fitur free trial sehingga mereka dapat melaporkan ke developer dan mulai memperbaiki supaya tak bisa dimanipulasi lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment