≡ Menu

Inilah Launcher Android Paling Ringan dan Kecil

Launcher atau istilah mudahnya adalah tema yang ada di ponsel Android biasanya memiliki desain yang berbeda-beda. Namun dari desain yang berlebihan, akan membuat ponsel itu terbebani, salah satunya seperti launcher yang mengusung adanya fitur 3D didalamnya.

Dijaman yang serba modern, ponsel Android kini sudah memasuki jalur puncak, dimana spesifikasinya sudah melebihi peranti laptop di era tahun 2000. Tapi membahas tentang launcher, siapa tahu meski ponsel kamu memiliki spesifikasi tinggi, masih saja ingin sesuatu yang ringan sebagai tampilan utama ponsel.

Ada satu launcher yang patut untuk dicoba setidaknya sekali seumur hidup. Launcher tersebut sangat ringan dan hanya perlu ruang sedikit untuk berjalan pada latar belakang, sehingga ini tidak akan sama sekali membebani sistem ponsel.

Baca juga: 5 Launcher Terbaik untuk Ponsel Android

Mini Desktop: Launcher Paling Ringan untuk Android

Nama launcher tersebut adalah Mini Desktop. Bahkan ukuran dari launcher tersebut tidak sampai 1MB sehingga inilah satu kelebihannya. Tapi jangan pikir ini hanya launcher biasa. Karena meski ukurannya kecil, didalamnya juga terdapat fitur yang mencukupi untuk kebutuhan.

Tulisan ini akan mengulas sedikit mengenai Mini Desktop. Jadi, apabila kamu penasaran atau ingin langsung mencobanya, silakan unduh launcher tersebut dari Play Store.

1. Terdapat Fitur Pencarian

Fitur Pencarian di Launcher Android Mini Desktop

Mencari aplikasi jauh lebih mudah dengan mengetik langsung namanya. Selain hanya menggulir untuk mencari aplikasi, tentu menulis langsung nama dari aplikasi yang akan dibuka bisa sedikit cepat.

Fitur pencarian ada dibagian atas, kolom ini berbentuk transparan sehingga terlihat seolah menyatu dengan wallpaper. Disamping fitur pencarian juga ada fitur Sort yang bisa menampilkan aplikasi berdasarkan nama, ukuran, atau lain-lain.

2. Adanya Fitur Pemberitahuan Ikon di Aplikasi

Fitur Pemberitahuan di Mini Desktop

Setiap kali adanya pemberitahuan yang masuk pada ponsel, maka ikon suatu aplikasi yang tampil pada Mini Desktop akan memunculkan suatu badge berwarna merah. Terkadang juga akan menampilkan seberapa banyak pemberitahuan pada aplikasi tersebut.

Terkadang, suatu launcher membutuhkan aplikasi pihak ketiga (plugin) untuk bisa menampilkan pemberitahuan pada ikon aplikasi, seperti contohnya adalah Smart Launcher. Namun Mini Desktop tidak membutuhkan plugin apapun dan langsung mempunyai fitur ini.

3. Bisa Mengunci Suatu Aplikasi

Fitur Lock Aplikasi di Mini Desktop

Keunggulan lainnya yang membuat launcher ini benar-benar menjadi yang terbaik dari segala launcher ringan yang lain adalah adanya fitur yang dapat mengunci aplikasi. Fitur ini menggunakan semacam pin, dan kamu dapat memilih aplikasi apa saja yang ingin dikunci.

Setelah aplikasi dikunci, maka nama dari aplikasi tersebut tidak akan tampil, begitupula juga dengan ikonnya. Namun satu hal yang masih tetap tampil adalah badge pemberitahuan yang ada pada ikon aplikasi.

4. Dapat Membuat Grup untuk Suatu Aplikasi

Fitur Grup di Mini Desktop

Jika menggulir atau mencari aplikasi melalui pencarian masih tidak efektif, kamu bisa memanfaatkan fitur grup ini untuk menggolongkan suatu aplikasi menjadi satu tempat. Sehingga nantinya kamu akan tahu dimana letak aplikasi yang akan dibuka.

Intinya ini hanya semacam membuat kategori untuk aplikasi tertentu supaya mudah untuk dijangkau. Selain itu beberapa grup juga dapat dipindah menuju dock. Satu kekurangannya adalah adanya batasan dalam pembuatan grup, dan kamu bisa melepas pembatasan tersebut dnegan membeli versi premium.

Baca juga: 3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

Download Launcher Mini Desktop untuk Android

Jadi apakah kamu sudah mulai penasaran untuk mencoba launcher yang kecil ini? Sebelum mengunduhnya, ketahuilah bahwa tulisan ini hanyalah sebuah review saja dan tak ada hubungannya sama sekali terhadap pembuat/developer launcher tersebut.

Silakan klik pada banner dibawah ini untuk mulai mengunduh. Demi alasan keamanan, link download dibawah ini langsung mengarah ke Play Store.

DOWNLOAD

Mulai sekarang nikmati sensasi menggunakan launcher Mini Desktop yang super ringan. Ini juga sangat cocok sekali bagi pengguna ponsel Android low-end apabila ingin bermain game. Dengan mengganti launcher bawaan menjadi Mini Desktop, akan membuat sisa RAM kosong lebih banyak dari biasanya.

Semoga bermanfaat dan Selamaat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment