≡ Menu

Tutorial Memakai Aplikasi WPS WPA Tester di Android

WPS WPA Tester adalah aplikasi Android yang dapat dipakai untuk melakukan testing terhadap keamanan suatu jaringan WiFi. Aplikasi tersebut bekerja pada sisi pengenalan jenis router dan mencocokkan WPS PIN yang telah masuk pada database.

Biasanya router lama memiliki celah dalam bagian WPS sehingga PIN tidak berubah dan tetap sama. Berbeda jika dengan router sekarang ini yang tergolong canggih dan tidak mudah ditebak PINnya karena berbeda-beda setiap routernya.

WPS WPA Tester dapat pengguna pakai untuk sekedar melakukan testing saja pada WiFi pribadi, sehingga pengguna bisa mengetahui apabila password dapat tampil dengan bantuan WPS WPA Tester, maka berarti router tidak terbilang aman.

Cara Menggunakan Aplikasi WPS WPA Tester

Penggunaannya tergolong mudah, namun beberapa orang tidak mengerti akibat adanya versi terbaru yang mana interfacenya berbeda dari sebelumnya. Tapi tenang saja, sebenarnya masih mudah lho cara untuk menggunakannya.

Berikut ini cara paling sederhana menggunakan WPS WPA Tester di Android:

  1. Hidupkan jaringan WiFi.
  2. Buka aplikasi WPS WPA Tester.
  3. Tunggu sampai jaringan terdeteksi.
  4. Jika telah terdeteksi, silakan tekan jaringannya dan akan tampil dialog peringatan, silakan tekan tombol YES

    Cara Menggunakan WPS WPA Tester di Android

  5. Centang pada opsi New Method dan jika ponsel sudah di-root, pilih opsi Root.

    Sebaliknya jika ponsel belum di-root, pilih opsi No Root.

    Cara Menggunakan WPS WPA Tester di Android

  6. Kemudian tekan tombol CONNECT AUTOMATIC PIN

    Cara Menggunakan WPS WPA Tester di Android

  7. Tunggu prosesnya sampai selesai. Dan jika sukses, otomatis ponsel akan tersambung ke jaringan tersebut.

Sebagai saran apabila sebelumnya pengguna telah mengetahui password router dan pernah tersambung ke WiFi, sebaiknya menuju Pengaturan => WiFi => Pilih Jaringan WiFinya kemudian tekan tombol Lupakan.

Hal tersebut supaya pengguna tidak salah paham, mengira bahwa routernya terdapat celah padahal sebelumnya ponsel yang pengguna pakai sudah pernah tersambung ke jaringannya.

Kenapa Gagal Saat Menggunakan WPS WPA Tester?

Suatu kala mungkin pengguna pernah gagal saat menggunakan aplikasi ini untuk mengetes keamanan jaringan. Hal tersebut karena firewall dari router terbilang tinggi dan PINnya tidak ada dalam database sehingga aplikasi tak dapat mendeteksi dengan baik.

Biasanya WPS WPA Tester akan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi apabila ikon jaringan berwarna hijau, sedangkan jika ikonnya berwarna kuning atau merah, biasanya akan gagal.

Fitur Connect Automatic PIN yang terdapat pada aplikasi memiliki beragam variasi PIN yang akan dicoba. Ini berarti aplikasi akan mencoba terus menerus dengan sekumpulan PIN acak atau yang sudah tersimpan pada database.

Baca juga: Trik Anti Netcut Paling Sederhana

Bagaimana Mengamankan Router dari Aplikasi WPS WPA Tester?

Sangat mudah sekali. Pengguna cukup menuju halaman admin dan menonaktifkan fitur WPS dan selesai. Setiap router memiliki menu yang berbeda-beda, tapi percayalah bahwa akan selalu ada opsi untuk menonaktifkan WPS ini pada halaman admin.

Selain hanya PIN saja, pengguna juga diharapkan untuk memakai kata sandi yang sekiranya aman. Contohnya password diberi simbol khusus atau tulisan besar kecil. Teknik ini dapat menghindari penyerangan berulang terhadap router atau biasa disebut brute force.

Kesimpulan

Setiap orang dapat memakai WPS WPA Tester dengan syarat aplikasi hanya boleh dipakai untuk jaringan pribadi. Sebab jika pengguna tidak memiliki ijin untuk mengetes keamanan jaringan WiFi orang lain, tentu itu merupakan tindakan yang melanggar hukum.

Jika sekiranya ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial menggunakan WPS WPA Tester, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment