≡ Menu

Solusi HP Lemot Padahal Aplikasi Sedikit

Android adalah ponsel yang identik dengan lemot atau lambat, namun bukan berarti semua ponsel Android itu lambat, karena setiap jenis ponsel memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Dan untuk saat ini kebanyakan Android telah diberikan spesifikasi yang cukup tinggi dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

Ponsel yang memiliki RAM dibawah 1GB mungkin akan kelihatan lambat apabila didalamnya terpasang banyak sekali aplikasi. Dan itu adalah wajar, karena solusi satu-satunya adalah menghapus aplikasi tersebut dan mengoptimisasi supaya lebih cepat.

Namun bagaimana jika “lemot” ini hadir padahal aplikasi yang terpasang cuma sedikit. Tentu itu tidak wajar dan harus segera diatasi supaya tidak semakin buruk lagi. Mulai sekarang, kamu dapat melakukan beberapa langkah ini untuk mengatasinya.

Baca juga: Solusi Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang pada Android

1. Memasang Aplikasi Pembersih RAM

Memasang Aplikasi Pembersih RAM

Terkadang kita tidak tahu mengenai proses aplikasi apa saja yang sedang berjalan secara tersembunyi. Misalnya pengguna baru saja beralih dari aplikasi Instagram dan kemudian membuka Facebook, dan ini menciptakan multitasking, dimana aplikasi Instagram masih berjalan pada latar belakang.

Semakin banyak aplikasi yang berjalan secara multitasking, maka kapasitas bebas RAM akan berkurang dan hal ini menimbulkan lemot ini terjadi.

Solusinya adalah memasang aplikasi pembersih RAM, salah satu yang terbaik adalah Clean Master. Kemudian pengguna bisa memasang widget pembersih pada home screen. Dengan begitu ketika ponsel sudah terasa lambat, yang harus dilakukan hanya menekan tombol pada widget pembersih saja.

2. Menonaktifkan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Menonaktifkan Aplikasi yang Tak Terpakai di Android

Di sebagian ponsel terdapat aplikasi yang tidak tergolong penting, dimana aplikasi tersebut hadir secara default sehingga tidak bisa di-uninstall (dihapus). Biasanya aplikasi seperti ini disebut sebagai Bloatware.

Adapun cara menghapus Bloatware, namun hal tersebut membutuhkan akses root. Sedangkan jika ponsel kamu belum diroot, cukup nonaktifkan saja aplikasi Bloatware tersebut. Berikut ini langkahnya.

  1. Menuju ke Pengaturan
  2. Ketuk pada menu Aplikasi
  3. Pilih aplikasi yang dirasa tidak penting.
  4. Ketuk tombol Nonaktif

Harap berhati-hati dalam menonaktifkan aplikasi. Sebagai saran, silakan nonaktifkan aplikasi yang dirasa tidak berguna dan jangan pernah menonaktifkan aplikasi sistem.

Aplikasi yang telah dinonaktifkan memang tidak dihapus, namun telah diberhentikan untuk berjalan sehingga aplikasi tersebut tak bisa berfungsi sampai pengguna mengaktifkannya kembali dengan cara yang nyaris serupa seperti diatas.

3. Scan Penuh Ponsel Menggunakan Antivirus

Memindai Ponsel Menggunakan Antivirus

Bukan berarti semua ponsel yang tergolong lambat kemasukkan virus, namun lebih sekedar untuk memastikan saja bahwa tidak ada aplikasi yang terinfeksi pada ponselnya. Karena kebanyakan virus melakukan kinerjanya dengan proses tersembunyi, seperti mengunduh suatu konten terus-menerus tiada henti yang mana menyebabkan performa ponsel menurun.

Silakan pasang satu aplikasi antivirus yang bisa diunduh di Play Store. Kemudian scan secara lengkap dan tunggu sampai prosesnya selesai. Apabila muncul aplikasi yang tergolong berbahaya, segera lekas untuk copot aplikasi tersebut.

Baca juga: Cara Mengetahui Adanya Aplikasi Mata-Mata di Android

Cukup tiga langkah diatas yang dapat kamu coba untuk mengatasi ponsel yang lambat. Saya pun menjamin bahwa jika pengguna melakukannya dengan benar, maka ponselnya akan kembali cepat seperti sedia kala.

Namun apabila pengguna masih merasa ponsel yang dipakai tetap lambat, tidak ada saran lain kecuali mereset ulang ke pengaturan pabrik. Hanya dengan cara ini ponsel bisa kembali utuh seperti baru lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment