≡ Menu

Mengatasi Ponsel Tiba-Tiba Mati Saat Menggunakan Kamera

Masalah yang ada pada ponsel Android bisa hadir kapan saja, baik itu mengarah ke bagian aplikasi atau bahkan hal penting seperti Kamera. Mengingat bahwa fitur Kamera yang ada pada ponsel sangat penting sekali, maka dari itulah mengapa pengguna harus segera mengatasi masalahnya.

Dari beberapa kasus yang terjadi di ponsel Android mungkin tidak dapat membuka aplikasi kamera. Tapi bagaimana jika ketika membuka kamera atau sedang memotret, lalu tiba-tiba ponsel seolah mati secara otomatis.

Hal ini banyak dialami oleh pengguna ponsel Samsung, tapi memungkinkan juga setiap ponsel Android bisa mengalami masalah yang serupa. Dan untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat dicoba.

1. Ketahui Penyebab dari Ponsel Mati Secara Tiba-Tiba

Mengetahui Faktor Ponsel Mati Tiba-Tiba

Ketahuilah sebelumnya mengenai faktor apakah yang menyebabkan masalah ini terjadi. Misalnya ketika pengguna membuka kamera, apakah kamera masih dapat terbuka atau ponsel langsung mati begitu saja. Dan apabila ponsel langsung mati, bisa jadi kesalahan ada pada data aplikasi kamera di sistem.

Adapun ponselnya mati hanya ketika menekan tombol shutter, dan kemungkinan masalah tersebut dikarenakan adanya corrupt atau galat terhadap pengaturan aplikasi kameranya.

Lakukan eksperimen sederhana, seperti menggunakan pengaturan lain. Misalnya mengaktifkan flashlight disaat memotret dan sebaliknya. Gunakan efek dan ketahui apakah masalah ini dari kamera depan, belakang, atau keduanya.

Baca juga: Aplikasi untuk Melihat Wajah di Masa Muda dan Tua

2. Hapus Data pada Aplikasi Kamera

Hapus Data di Aplikasi Kamera

Cobalah cara ini untuk memastikan bahwa aplikasi kamera tersebut yang mengalami corrupt pada sisi data yang tersimpa. Dan pengguna tak perlu khawatir karena segala foto yang dipotret sebelumnya TIDAK akan terhapus.

  1. Menuju Pengaturan.
  2. Ketuk pada menu Aplikasi.
  3. Cari aplikasi Kamera default ponselnya.
  4. Gulir kebawah dan tekan tombol Hapus Data
  5. Akan muncul notif, silakan klik YA

Setelah menghapus data, silakan coba buka kembali aplikasi kameranya, apakah ponsel masih saja mati? Jika iya, lanjutkan cara berikutnya.

3. Menggunakan Aplikasi Kamera Lain

Memakai Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Coba untuk memasang aplikasi kamera pihak ketiga yang ada di Play Store. Salah satunya seperti Camera MX. Jika kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut secara normal sehingga ponsel tidak sampai mati secara tiba-tiba. Bisa jadi masalahnya memang dari aplikasi kamera pada sistem.

4. Mereset ke Pengaturan Pabrik

Reset Ponsel ke Pengaturan Pabrik

Cara ini tergolong ampuh dan menjamin dapat mengatasi masalah ini seketika. Sebab bisa jadi terdapat semacam galat pada sisi sistem sehingga mengacu pada aplikasi kamera. Namun ketahui sebelumya bahwa dengan melakukan reset ke pengaturan pabrik akan menghapus seluruh data ponsel termasuk kontak, untuk itu sebaiknya cadangkan data penting terlebih dahulu.

Baca juga: Tips Sebelum Reset Ponsel Tanpa Kehilangan Kontak dan Sebagainya

Sekiranya apabila sampai cara ini masih tetap gagal saja, berarti aplikasi kamera yang terdapat pada sistem yang mengalami kesalahan dan bukan dari sisi data. Sedangkan mereset ponsel ke pengaturan pabrik hanya akan menghapus data dan mengembalikan pengaturan seolah ponsel yang baru, dan bukan berarti memperbaiki sepenuhnya.

Untuk kendala tersebut, pengguna bisa langsung melakukan flashing firmware terhadap ponselnya. Dan ini adalah opsi terakhir yang dapat pengguna lakukan secara mandiri dan memiliki kesempatan berhasil yang lebih besar ketimbang seluruh cara diatas.

Tapi sangat disarankan untuk mencoba memulai dari cara yang pertama, karena siapa tahu kendalanya tak separah yang diduga.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment