≡ Menu

Cara Masuk ke Safe Mode pada Windows 7

Cara Masuk ke Safe Mode pada Windows 7

Ketika komputer tak dapat dihidupkan dalam modus normal, memungkinkan adanya kesalahan yang ada di sistem yang mencegah Windows melakukan booting dengan sempurna. Untuk itulah adanya safe mode (modus aman) untuk mengidentifikasi kesalahan yang membuat komputer gagal booting atau hal-hal ganjal lainnya.

Ada banyak cara yang dapat diterapkan untuk memasuki safe mode. Dan artikel ini akan menjelaskan satu cara yang paling mudah untuk itu dan khusus untuk Windows 7 saja. Jadi jika komputer yang pengguna pakai tidak bisa booting, mungkin masih bisa mengupayakan untuk melakukan troubleshoot didalam safe mode.

Baca juga: Tips Aman Sebelum Membuka Program Asing di PC

Menekan Tombol F8 Saat Menghidupkan Perangkat

Tombol F8 pada keyboard berguna untuk menampilkan fitur Advanced Boot Option dimana terdapat banyak opsi untuk perangkat melakukan booting nantinya. Dan menekan tombol F8 bisa dilakukan ketika komputer baru menyala atau dalam keadaan munculnya logo komputer.

Yang pasti disaat komputer nyala, silakan tekan terus tombol F8 setiap detiknya. Karena jika telat menekan dan Windows Splash Screen sudah keluar, pasti tombol F8 tak akan meng-efek. Dan apabila pengguna sudah memasuki Advanced Boot Option, disana akan terdapat 3 opsi dari Safe Mode. Berikut ini penjelasannya.

  • Safe Mode – Sangat dianjurkan untuk memilih opsi ini karena ini adalah pilihan default dan hanya akan memuat proses minim yang diperlukan untuk menjalankan Windows.
  • Safe Mode with Networking – Pilihan ini memuat proses yang sama seperti Safe Mode hanya saja mengacu pada sisi jaringan. Jadi ketika pengguna ingin menggunakan akses internet pada Safe Mode untuk memecahkan masalah, opsi ini sangat berguna untuk itu.
  • Safe Mode with Command Prompt – Masih sama seperti Safe Mode, namun perbedaannya ketika memilih opsi ini adalah hanya akan menampilkan fitur Command Prompt saja. Pilihan ini sangat berguna apabila opsi Safe Mode tak berfungsi.

Dari ketiga opsi tersebut, silakan pilih salah satu sesuai keadaan untuk mengatasi masalahnya. Jika pun pengguna hanya akan menghapus atau meng-uninstall suatu program saja, sangat disarankan untuk menggunakan opsi Safe Mode (1).

Proses Memasuki Safe Mode

Disaat pengguna memilih satu dari ketiga opsi diatas, kemudian Windows akan langsung menampilkan layar penuh dengan teks semacam LOG untuk memberitahukan file sistem apa saja yang akan dimuat. Dari sini pengguna juga bisa meng-identifikasi kesalahan yang mungkin terjadi apabila Safe Mode tak berfungsi.

Proses Memasuki Safe Mode

Sesampai proses memuat telah usai, pengguna dapat melakukan segala hal untuk memperbaiki masalahnya. Dan setelah itu lakukan reboot secara normal untuk mengetahui apakah masalahnya telah hilang atau masih tetap ada.

Kesimpulan

Safe Mode lebih diperuntungkan bagi pengguna yang mengalami masalah terhadap komputernya, khususnya tidak bisa melakukan booting terkait adanya program yang mencegahnya.

Windows Safe Mode

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop yang Tiba-Tiba Restart Sendiri

Dan untuk mengetahui apakah perangkat sudah masuk Safe Mode, silakan lihat pada bagian pojok. Pasti akan muncul teks kecil dengan tulisan Safe Mode. Jika ada yang ingin ditanyakan lebih, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment