≡ Menu

Cara Mengatasi Headphone dan Speaker Tidak Terdeteksi di PC

Setelah melakukan pembaruan atau upgrade terhadap Windows, terkadang ada sesuatu masalah baru yang tak terduga. Salah satunya sejenis perangkat headphone yang tak terdeteksi. Jika kamu mengalami hal yang sama, ada beberapa cara berbeda yang akan dibagikan disini untuk menyelesaikan masalahnya.

Yang perlu dipikirkan pertama kali ialah audio driver. Karena pada dasarnya tanpa itu, segala suara tidak akan terdengar. Dan bisa jadi masalahnya karena driver tersebut tiba-tiba hilang dengan sendirinya atau bahkan perlu untuk diperbarui.

Selain hanya driver, bisa jadi yang kamu alami saat ini bukanlah suatu masalah. Tapi hanya perlu mengaktifkan perangkat headphone yang telah tersambung secara manual pada komputer. Dan berikut ini tata cara yang bisa dipelajari untuk mengatasi masalah ini. Dimulai dari yang paling termudah.

1. Atur Perangkat Headphone atau Speaker Sebagai Default di Komputer

Setelah kamu menancapkan kabel headphone ke komputer, ada kemungkinan bahwa perangkat masih belum diatur sebagai default sehingga tidak ada suara yang dikeluarkan. Pada kasus ini, yang harus dilakukan hanyalah mengaturnya sebagai default atau standar.

  1. Silakan menuju Control Panel dan tekan opsi Hardware and Sound

    Mengatur Headphone atau Speaker Secara Default di Komputer

  2. Pilih menu bernama Sound

    Mengatur Headphone atau Speaker Secara Default di Komputer

  3. Sekarang pilih perangkat headphone maupun speaker yang baru ditambahkan dan klik pada tombol Set Default

    Mengatur Headphone atau Speaker Secara Default di Komputer

Terkadang perangkat headphone juga tedeteksi sebagai Speaker dan pengguna harus memilih salah satu dari itu untuk mengaturnya sebagai default. Dan apabila cara diatas tak membantu, lanjutkan mencoba cara kedua.

Baca juga: Tips Membuat Keluaran Audio VLC Player Lebih Mantap

2. Memperbarui Driver Audio

Sebelum mulai memperbaruinya, sangat disarankan kepada pengguna untuk mencoba menyambungkan perangkat headphone/speaker yang lain ke komputer/laptop untuk mengetahui apakah masalah ini hanya ada pada satu perangkat saja atau semuanya.

Jika masalahnya ternyata pada semua perangkat, berarti ada kemungkinan terdapat driver yang perlu diperbarui.

  1. Silakan menuju Device Manager dan buka pada bagian sound, video, and game controllers. Klik dua kali pada driver audio yang dipakai saat ini

    Memperbarui Driver Audio di PC

  2. Kemudian klik tab Driver dan tekan tombol Update Driver

    Memperbarui Driver Audio di PC

  3. Tunggu prosesnya selesai dan pastikan koneksi internet sudah dinyalakan

Selain dengan cara ini, kamu pun juga dapat memperbarui driver lebih mudah menggunakan bantuan program pihak ketiga seperti Driver Easy. Silakan unduh program tersebut secara gratis dengan mencari di Google.

3. Menonaktifkan Efek pada Audio

Terkadang perangkat headphone atau speaker memiliki fitur untuk mengatur efek seperti equalizer, environment, dan lain banyak lagi. Kamu bisa mencoba untuk menonaktifkan efek itu untuk melihat hasilnya nanti.

  1. Klik pada ikon Speaker yang ada di taskbar

    Menonaktifkan Efek Sound di Windows

  2. Klik lagi pada gambar Speaker

    Menonaktifkan Efek Sound di Windows

  3. Menuju tab Effect dan centang pada opsi Disable All Effects. Lanjutkan menekan tombol Apply

    Menonaktifkan Efek Sound di Windows

Apabila pengguna berhasil memakai cara ini, berarti masalahnya ada dari sisi konfigurasi saja dan masih bisa diatur ulang apabila masih membutuhkan fitur efek tersebut.

Baca juga: AIMP – Pemutar Musik Terbaik Selain Winamp Pada PC

Kesimpulan

Keseluruhan cara diatas hanya dapat mengatasi masalah yang tergolong ringan saja. Tetapi jika saja cara diatas tak mengatasi masalahnya, sangat jelas disini bahwa driver audionya hilang sehingga Windows tak bisa mengirimkan suara ke perangkat headphone/speaker.

Solusi apabila driver audio hilang adalah melakukan repair menggunakan CD original Windows. Dan apabila pengguna belum ada pengalaman dalam melakukannya, disarankan untuk membawa komputer ke tukang servis atau menghubungi teman yang mengerti tentang melakukan perbaikan komputer.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment