≡ Menu

Trik Menampilkan Kembali Tombol View Image di Google

Trik Menampilkan Kembali Tombol View Image di Google

Pada tahun 2018, Google telah menghapus tombol View Image yang terletak pada opsi disebelah gambar yang dicari. Fitur tersebut biasa digunakan untuk melihat gambar dengan ukuran original dan dapat langsung diunduh.

Masih kurang jelas mengenai alasan dari penghapusan tombol tersebut, tapi sepertinya Google lebih menghormati para website yang menyediakan gambar tersebut supaya seseorang tidak langsung mengunduh, akan tetapi mengunjungi halamannya.

Tapi dengan hilangnya fitur ini, pencarian gambar yang ada di Google seolah tidak lagi berguna, karena nantinya mereka juga akan ditujukan ke suatu halaman dan tidak ke sebuah gambar dengan ukuran original. Tapi ada satu cara lho untuk menampilkan kembali tombol tersebut.

Baca juga: Cara Mengatur Google Gambar Khusus untuk Anak-Anak

Menggunakan Bantuan Ekstensi pada Browser

Syukurlah ada harapan untuk memunculkan kembali tombol view image untuk membuat pencarian gambar di Google semakin berguna. Nama dari ekstensi tersebut adalah View Image dan tersedia untuk browser Chrome dan Firefox.

Silakan pasang pengaya tersebut sesuai dari peramban yang digunakan. Jika pun pengguna saat ini memakai browser Opera, silakan baca artikel mengenai memasang extension chrome di opera, atau mungkin kedepannya sudah tersedia di halaman Addon khusus untuk Opera.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Memasang Ekstensi?

Tak banyak yang harus dilakukan untuk menampilkan tombol View Image ini. Jadi setelah pengguna berhasil memasang ekstensinya, silakan langsung mencari gambar di Google, pasti tombolnya sudah muncul kembali.

Sampai saat ini tidak ada kekurangan yang terdapat pada ekstensi tersebut. Tapi satu hal yang mungkin menjadikannya berbeda hanyalah bahasa yang tetap sebagai View Image meskipun membuka google dalam bahasa Indonesia. Tapi itu bisa dimaklumi, mengetahui bahwa ekstensi ini tidak disediakan langsung oleh Google.

Gambaran Setelah Menggunakan Ekstensi View Image

Baca juga: Cara Mengecek Cache Website Menurut Google

Kesimpulan

Dengan bantuan satu pengaya saja sudah bisa mengembalikan tombol yang dapat melihat gambar ukuran original. Meski diluar sana banyak sekali situs penyedia gambar, tapi tetap saja Google jauh lebih lengkap.

Dan satu hal lagi, ekstensi View Image sangatlah ringan, jadi meski terus diaktifkan tidak akan memperlambat peramban.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment