≡ Menu

2 Cara Menambah Plugin Baru pada Notepad++

Notepad++ adalah program teks editor yang memiliki 10 kali fitur lebih banyak dibanding program Notepad bawaan Windows. Pengguna dapat memakai Notepad++ dan menikmati seluruh fiturnya secara cuma-cuma. Namun sayangnya program ini hanya tersedia untuk Windows saja.

Notepad Plus dapat digunakan untuk banyak hal, seperti coding atau bahkan hanya sekedar untuk menulis sesuatu. Adanya fitur plugin yang memungkinkan pengguna bisa melakukan banyak hal, seperti mengecek kata yang salah, meng-konversi dari kode yang diseleksi, dan lain-lain banyak lagi.

Secara keseluruhan, plugin yang disediakan pada Notepad Plus ini hanya dikhususkan untuk para developer, seperti menambah fungsi autocomplete supaya semakin lengkap. Tapi ada juga website lain yang menyediakan plugin untuk Notepad++.

Baca juga: Cara Mengatasi Seluruh Kode Hilang di Notepad++ Akibat Crash

Cara Menambah Plugin di Notepad++

Terdapat dua tutorial yang akan dibagikan kali ini, yakni melakukannya secara otomatis atau manual. Dan sepertinya kedua hal tersebut sama-sama mudah untuk dilakukan. Untuk sekarang akan dibagikan tata cara menambah plugin secara otomatis dahulu. Berikut ini caranya.

  1. Silakan buka program Notepad++ dan klik pada menu Plugins yang berada dibagian atas.

    Cara Menambah Plugin Baru di Notepad++

  2. Kemudian menuju Plugin Manager => Show Plugin Manager.

    Cara Menambah Plugin Baru di Notepad++

  3. Tunggu sekejap sampai daftar plugin telah dimuat dan tampil. Dan setelah itu pengguna hanya cukup memberi centang terhadap nama plugin yang akan dipasang dan tekan tombol Install untuk melanjutkan.

    Cara Menambah Plugin Baru di Notepad++

Biasanya setelah menekan tombol Install, akan tampil dialog untuk memperbarui Plugin Manager terlebih dahulu, cukup klik Yes dan tunggu prosesnya selesai. Notepad++ akan memulai ulang setelah ada plugin yang baru terpasang.

Baca juga: Cara Mengganti Tema Notepad++ pada PC

Memasang Plugin di Notepad++ Secara Manual

Biasanya jika pengguna mengunduh plugin dari situs-situs web, berkasnya memiliki format DLL. Yang perlu pengguna lakukan sebenarnya hanya memindahkan berkas tersebut menuju direktori yang seharusnya, dan berikut ini caranya.

  1. Tutup program Notepad++ terlebih dahulu, kemudian buka Windows Explorer dan menuju direktori dimana pengguna memasang Notepad++. Secara umum biasanya terdapat pada folder C:\Program Files\Notepad++\.
  2. Didalam sana terdapat folder lagi bernama plugins, pengguna bisa memindahkan berkas DLL tadi menuju folder tersebut.

    Cara Menambah Plugin Baru di Notepad++

  3. Setelah itu buka program Notepad++ dan pasti plugin sudah terpasang.

Bukan cara yang sulit kan? Karena intinya pengguna hanya perlu memindahkan saja dan setelah itu plugin sudah terpasang. Dan hanya untuk menyarankan saja, sebaiknya unduh plugin Notepad++ pada situs yang terpercaya supaya segalanya tetap aman.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment