≡ Menu

Cara Mengatasi Steam_API.dll Error Saat Membuka Game

Cara Mengatasi Steam_API.dll Error Saat Membuka Game

Suatu program kadang membutuhkan berkas DLL yang membantu untuk membuatnya dapat digunakan dengan baik. Namun siapa sangka jika berkas DLL itu tidak ada pada komputer dan berupa berkas external yang mana memang tidak berada di bagian System. Salah satu contohnya adalah steam_api.dll.

Bicara tentang berkas DLL yang hilang, sebelumnya Saya pun juga sudah pernah membagikannya tapi kali ini masalahnya sedikit berbeda dikarenakan berkas steam_api.dll ini sering digunakan hanya pada sebuah game saja.

Meski pengguna melihat bahwa sudah ada berkas steam_api.dll pada direktori instalasi program, bukan berarti itu sebuah file yang hilang. Tapi pengguna harus melihat dari penyebab tampilnya notifikasi disaat membuka program itu. Biasanya file DLL tersebut corrupt atau meminta versi yang baru.

Baca juga: Cara Mengetahui File yang Tersembunyi pada Windows 7

Mengganti Berkas Steam_API.dll Secara Manual

Hapus terlebih dahulu dan pengguna bisa mengunduh file DLL pada Halaman Ini. Pilihlah versi yang paling terbaru sehingga tidak akan ada lagi kesalahan mengenai versi DLL yang telah usang.

Jika sudah diunduh, silakan pindahkan file DLL tersebut ke direktori instalasi program dan setelah itu cobalah membuka programnya sekali lagi. Apakah sudah berhasil?

File DLL Tidak Cocok

Apakah pengguna memasang suatu game yang menyuruh untuk memindahkan berkas DLL tersebut ke direktori yang ditentukan? Jika iya, berarti berkas Steam_API itu telah dimodifikasi oleh orang lain. Salah satu contohnya adalah game crack.

Berkas DLL hampir sama seperti EXE dan bisa dialihkan kembali, biasanya terdapat seseorang yang mengalihkan berkas DLL ini untuk mendapatkan versi gratis dari versi premium yang tersedia pada program.

Dan masih tak ada solusi untuk masalah seperti ini, yang bisa pengguna lakukan adalah meminta berkas Steam_API tersebut ke penyedia unduhan program tersebut. Sebab jika pun mengganti dengan versi original pun juga akan tetap sama.

Scan File System

Biasanya cara ini dipakai untuk mengecek kelengkapan file sistem. Bisa jadi komponen Steam_API tersebut membutuhkan file sistem namun file tersebut hilang. Maka pengguna bisa menggunakan cara ini.

  1. Klik START dan ketik Command. Lalu tekan CTRL dan SHIFT sembari menekan ENTER pada keyboard.
  2. Akan muncul perijinan administrator, cukup klik Yes.
  3. Sekarang pada kolom hitam, isikan kode dibawah ini.

    sfc /scannow

    Lalu tekan ENTER.

  4. Tunggu sampai proses selesai dan Windows akan secara otomatis memperbaiki berkas sistem yang hilang.

Cara diatas biasanya juga dipakai untuk mengatasi komputer yang bermasalah akibat komponen yang hilang secara tidak disadari. Misalnya membuka program kadang-kadang suka error dengan sendirinya atau komputer tiba-tiba restart secara otomatis.

Cobalah untuk Mematikan Antivirus

Walau ini terbilang cara yang tidak aman, namun pengguna masih dapat mencobanya. Karena seperti yang Saya katakan tadi bahwa file Steam_API itu bisa saja sudah dimodifikasi sehingga digunakan untuk menjangkit suatu program dan dianggap ancaman berbahaya oleh antivirus.

Dan ketika sudah diindikasi sebagai virus, berkas tersebut akan langsung hilang karena dipindahkan kebagian karantina. Untuk itulah Saya menyarankan cara ini juga. Tapi Saya katakan lagi bahwa ini cara yang kurang aman, jadi pastikan pengguna mengetahui bahwa program yang diunduh dari situs yang terpercaya.

Baca juga: Cara Mengatasi Archive Header is Corrupt Ketika Menginstall Game

Kesimpulan

Beberapa cara diatas kecuali yang terakhir tidak akan ada resiko sama sekali untuk dicoba. Adapun cara lain yaitu menambah registry secara manual, akan tetapi masalah ini sangat jarang sekali terjadi dan tak akan sejauh ini.

Apabila pengguna sebelumnya dapat mengakses program dengan lancar dan tiba-tiba di suatu hari tak dapat mengaksesnya dengan kendala seperti diatas, bisa jadi terdapat komponen yang berubah dan saran terbaik serta tercepat dari Saya adalah melakukan restore system.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment