≡ Menu

Cara Memperbarui Driver Intel di Komputer Windows

Cara Memperbarui Driver Intel di Komputer Windows

Sudah menjadi kewajiban untuk selalu memperbarui driver yang ada pada PC sehingga selalu mendapatkan versi yang terbaru dan komputer tidak rentan terhadap hal-hal yang tak diinginkan. Ada beberapa jenis pembaruan yang ada pada sebuah driver, dan itu dapat disimpulkan dengan mudah.

Biasanya driver yang hanya diperbarui saja dengan ukuran yang rendah atau tidak full seperti mengunduh driver saat pertama kalinya, bisa dipastikan bahwa itu hanya pembaruan patch. Jadi segala kesalahan atau biasa dianggap sebagai bug akan hilang setelah memperbarui patch tersebut.

Intel sendiri mempermudah proses pembaruan ini dengan satu program. Yakni bernama Intel Driver & Support Assistant. Kalau tidak salah pada versi sebelumnya tidak dinamai seperti itu dan di versi ketiga ini program tersebut menjadi lebih kecil sehingga mudah untuk digunakan.

Baca juga: Meningkatkan Performa Gaming Pada Intel HD Graphics

Memperbarui Driver Intel pada Komputer

Saya rasa pengguna sudah tahu apa keunggulan dari melakukan pembaruan ini, dan bisa dikatakan tidak ada sama sekali kekurangan yang ada. Sebab segala pembaruan yang dilakukan akan berdampak baik pada komputer dan akan lebih baik lagi jika pengguna melakukan pembaruan ini setengah tahun sekali. Tanpa basa-basi lagi, berikut caranya.

  1. Unduh terlebih dahulu program Intel Driver & Support Assistant. Ukurannya kecil dan sangat cepat untuk dipasang.
  2. Setelah memasangnya, secara otomatis program tersebut akan berada di tray icon. Pengguna cukup klik kanan dan tekan menu Check For New Drivers.

    Proses Memperbarui Driver Intel di Komputer Windows

  3. Maka pengguna akan dilempar ke peramban, biarkan saja dan tunggu sampai loading melakukan scan selesai. Hingga muncul terdapat driver yang perlu diperbarui. Langsung saja tekan dan klik Download.

    Proses Memperbarui Driver Intel di Komputer Windows

  4. Tunggu hingga proses unduhan selesai, lalu tekan menu Install. Akan muncul dialog persetujuan, klik saja Yes.
  5. Sekarang pengguna hanya perlu menunggu lagi proses instalasi selesai. Hingga pada akhirnya pengguna disuruh untuk melakukan restart perangkat. Cukup restart pada saat itu juga.
  6. Seusai proses restart, Tunggu sampai proses startup selesai dan selamat, driver sudah diperbarui.

Di beberapa kasus, setelah proses reboot perangkat biasanya layar tiba-tiba menampilkan warna hitam saja dan Saya katakan bahwa itu adalah hal yang normal dan hanya terjadi pada saat itu saja. Yang perlu dilakukan adalah menunggu sampai prosesnya selesai dan segalanya akan baik-baik saja.

Baca juga: Cara Mengatasi Kinerja Laptop Yang Lambat

Mengatasi Gagal Download Driver

Ini merupakan salah satu bug yang pernah Saya temukan pada program pembaruan driver ini. Jadi ketika koneksi tidak stabil, maka secara otomatis unduhan driver tersebut akan batal dan parahnya tidak bisa diteruskan lagi. Jadi ketika mencoba mengulangi klik tombol Download akan langsung menampilkan tulisan “Download Failed“.

Hal tersebut dikarenakan adanya berkas sebelumnya yang telah gagal untuk diunduh dan perlu dihapus terlebih dahulu. Tapi untuk menghapusnya tidaklah langsung dari Windows Explorer. Tapi pengguna harus menghentikan service program Intel Driver & Support Assistant kemudian menghapus berkas unduhan yang ada di folder C:\Users\NAMAPC\Downloads\Intel Components.

Tidak perlu takut menghapus berkas didalam sana, karena itu hanyalah letak unduhan saja dan segala file yang ada bukanlah file sistem. Sama halnya seperti pengguna sudah selesai memperbarui drivernya, lebih baik menghapus berkas installernya supaya tidak membebani kapasitas HDD.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • boy December 9, 2017, 4:12 pm

    gan kenapa di laptop ane toshiba satelit c800 loadingnya lama banget??

    • rrobyf December 10, 2017, 11:24 am

      Loading ketika mengecek pembaruannya ya gan? Biasanya ini mencakup waktu beberapa menit gan. Jadi cukup ditunggu saja selama koneksi benar-benar stabil karena sistemnya mungkin mencoba untuk mendeteksi dengan benar dan mencari pembaruan yang ada dari segala driver yang terinstall.

Leave a Comment