≡ Menu

Mengatasi Koneksi @wifi.id yang Lambat

Mengatasi Koneksi @wifi.id yang Lambat

Menikmati akses WiFi dengan kecepatan tinggi adalah idaman bagi semua orang. Apalagi biaya yang dikeluarkan tidaklah mahal dan sangat terjangkau. Dan itu bisa terwudujkan dengan mencoba layanan wifi.id yang diberikan oleh Telkom.

Tertulis bahwa layanan @wifi.id memberikan kecepatan internet upto 100Mbps yang mana rata-rata kecepatan per detiknya maksimal adalah 10 Mega Byte. Namun disisi lain kecepatan tersebut tidak bisa dikatakan paten akibat banyaknya orang yang memakai dalam satu waktu.

Layanan @wifi.id pun juga layaknya jaringan WiFi biasanya, ketika dipakai oleh banyak orang, maka kecepatannya bisa menurun kapan saja. Jadi bukan berarti sudah membeli voucher selalu bisa mendapatkan koneksi yang mantap. Tapi dilihat dari banyaknya pemakai saat itu.

Baca juga: Cara Memblokir Perangkat Lain pada Modem Speedy

Apa Saja Penyebab Koneksi @wifi.id Lambat?

Sebagai pemakai voucher WiFi, memang benar sekali bahwa kita diberi hak untuk melakukan komplain. Namun sebaiknya jangan lakukan hal tersebut terlebih dahulu apabila belum membaca artikel ini sampai akhir. Dan berikut ini penyebab koneksi @wifi.id lambat.

  • Banyaknya pengguna yang memakai jaringan WiFi tersebut.
  • Kesalahan dari pengaturan adapter WiFi di PC.
  • Mac Address telah dipakai orang lain.

Tiga hal kecil tersebut adalah faktor dari lambatnya jaringan @wifi.id yang dipakai saat ini. Karena setahu Saya sendiri router yang dipakai pihak telkom tidak pernah bermasalah dan selalu stabil meski dipakai banyak orang walau kecepatannya dibagi-bagi.

Berpindah ke Tempat WiFi Corner yang Lain

Jaringan WiFi tidak sama dengan jaringan seluler, dimana kecepatannya bisa saja berkurang disaat banyaknya orang yang memakainya dalam satu waktu. Mencari tempat yang sepi adalah hal yang bagus untuk mendapatkan kecepatan yang maksimum.

Untuk mempermudah mencari WiFi corner, pengguna bisa melihat pada halaman WiFi Corner.

Pengaturan yang Salah pada Adapter WiFi

Biasanya ketika adapter diatur salah, maka pengguna tidak akan bisa masuk ke jaringan WiFi secara normal. Adapun terdapat notif Limited Access yang mana tidak akan bisa menyambung ke bagian login nantinya.

Nah untuk mengatasi hal ini sebenarnya sudah Saya bahas pada artikel Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect WiFi. Silakan ikuti cara tersebut pasti koneksinya bisa berguna kembali dan tidak akan lambat dalam mengakses halaman login.

Mac Address dipakai Bersamaan

Mac Address bisa dipakai bersamaan apabila memakainya di berbeda tempat. Tapi jika dilokasi yang sama, itu akan membuat bingung ke router sehingga tidak tau ingin mengarahkan koneksi ke perangkat yang mana.

Biasanya orang memakai Mac Address yang sama untuk menikmati akses WiFi.id seamless bagi pengguna Indihome Fiber. Untuk itu, mulai sekarang jika ingin melakukan hal ini, gunakan tempat berbeda apabila ingin mengakses @wifi.id dengan Mac Address yang sama.

Baca juga: Cara Menghilangkan SSID Wifi.id pada Modem Speedy

Tambahan

Sedikit tambahan ini bisa dicoba juga walau jarang sekali pengguna yang mengalami lemot internetnya akibat DNS. Tapi bisa jadi terdapat perubahan pada hosts atau sesuatu yang membuat services DNS pada komputer tidak terbaca dengan baik.

Solusinya adalah melakukan refresh DNS tersebut. Caranya mudah sekali, silakan salin dulu kode dibawah ini.

ipconfig /flushdns

Untuk menjalankan kode diatas, silakan klik START dan ketik CMD. Lalu klik kanan dan pilih Run as Administrator. Tempel kode diatas pada kolom dan tekan ENTER. Tunggu sekejap dan coba matikan WiFi dan hidupkan lagi, pasti sudah bisa normal kembali.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment