≡ Menu

Tutorial Install Squid Proxy di VPS Ubuntu

Tutorial Install Squid Proxy di VPS Ubuntu

Selalu ada sebab mengapa pengguna ingin menginstall squid proxy pada VPS, dan kebanyakan orang akan menjawab ini untuk kebutuhan konektivitas sehari-hari, bisa jadi untuk router yang dipakai saat ini atau sebuah konektivitas SSH yang digunakan untuk melakukan tweaking sesuatu.

Jika dilihat-lihat hampir semua penyedia akun SSH gratis menyediakan squid proxy juga dan jika pengguna telah mengetahi untuk apa kegunaan hingga ingin menginstall squid proxy ini, lanjutkan membaca artikel ini.

Di artikel ini akan Saya bagikan sedikit cara yang akan membantu pengguna untuk menginstall squid proxy pada VPS OS Ubuntu, pada OS Debian pun juga bisa. Cara yang akan Saya bagikan sangatlah sederhana dan tidak membutuhkan kode external.

Baca juga: Cara Mengganti Listen Port pada Squid Proxy di Ubuntu

Saya sendiri menggunakan squid proxy pada VPS untuk keperluan SSH dan VPN. Dan pastikan pengguna memiliki akses penuh terhadap VPS yang akan dipasangi squid proxy ini karena pengguna memerlukan untuk mengatur security group dan ini hanya bisa dilakukan oleh pengelola akun VPS tersebut. Baiklah, berikut ini tata cara menginstall squid proxy pada VPS Ubuntu, silahkan simak caranya dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan masuk pada terminal dan ketikan ini untuk melakukan update dan upgrade terlebih dahulu.

    sudo apt-get update && sudo apt-get -y upgrade
  2. Selanjutnya adalah memasang squid proxy, ketika perintah dibawah ini dan jika terdapat suatu notif silahkan ketik angka Y dan ENTER.

    sudo apt-get install squid
  3. Masih belum selesai, sekarang adalah mengatur pada bagian konfigurasi. Ketikan ini untuk melakukan backup berkas konfigurasi supaya bisa dikembalikan apabila salah mengedit.

    sudo cp /etc/squid/squid.conf /etc/squid/squid.conf.bak

    Dan ketikan perintah dibawah ini untuk masuk pada berkas konfigurasi.

    sudo nano /etc/squid/squid.conf
  4. Silahkan cari pada bagian http_port dan ubah angkanya dengan port yang diinginkan untuk menggunakan squid proxy, misalnya ingin menggunakan squid proxy pada port 80, berarti mengaturnya seperti ini.

    http_port 80
  5. Cari lagi pada bagian http_access dan tambahkan ini dibagian akhir supaya squid proxy nantinya bisa terhubung.

    http_access allow all
  6. Selesai, sekarang saatnya memulai ulang proses squid proses, gunakan perintah ini.

    sudo service squid restart
  7. Langkah terakhir adalah masuk pada Akun VPS dan menuju bagian security groups dan tambahkan port inbound yang sesuai dengan squid proxy tadi.

Diatas Saya menyarankan untuk mencadangkan berkas konfigurasi terlebih dahulu supaya ketika suatu saat terjadi masalah ketika mengalihkannya, masih bisa dikembalikan seperti berkas konfigurasi aslinya.

Dan ini mungkin akan lebih mudah apabila pengguna mengedit berkas konfigurasi langsung dari desktop ubuntu karena tidak terlihat rumit layaknya di terminal. Sementara itu, pengguna juga bisa melihat log aktivitas squid proxy dengan mengetikan perintah ini.

sudo tail -f /var/log/squid3/access.log

Perintah diatas akan menampilkan kejadian pada squid proxy secara realtime, jadi jika suatu saat tidak bisa terhubung ke squid proxy, silahkan cek langsung memakai perintah diatas pada terminal.

Baca juga: Cara Sederhana Install Dropbear pada Linux Ubuntu

Sementara itu jika pengguna ingin mengubah port lebih mudah, cukup ketikan squid -a 8888 Ubah pada angka 8888 dengan angka port yang diinginkan dan sekali lagi pastikan telah mengatur security group.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment