≡ Menu

Cara Mengatasi Seluruh Kode Hilang di Notepad++ Akibat Crash

Cara Mengembalikan Seluruh Kode Hilang di Notepad++ Akibat Crash

Mengedit sesuatu di Notepad++ dalam waktu lama dan tiba-tiba program mengalami masalah sehingga crash dan seluruh kode yang dituliskan sebelumnya menghilang entah mengapa. Tentu itu adalah hal yang sangat menjengkelkan dan yang bisa diperbuat oleh diri kita adalah menyalahkan Notepad++ ini.

Tapi perlu pengguna ketahui bahwa masalah ini bisa jadi juga bukan dari Notepad++ karena masalah crash yang terjadi tidaklah berlangsung terlalu sering. Intinya ini hanyalah suatu malfungsi dari perangkat PC, baik dari task manager yang seolah tiba-tiba tidak merespon atau lain-lain yang mempengerahui program editor ini.

Hilangnya Seluruh Kode di Notepad++

Seseorang pasti berkeinginan untuk memperbaiki masalah tersebut dengan mengetahui kemana hilangnya seluruh kode yang diketik sebelumnya. Akan tetapi hal ini sepertinya juga tergantung faktor keberuntungan juga. Sebab tak semua orang sering menekan CTRL+S ketika mengalihkan kode.

Dengan menekan tombol Control dan S pada keyboard akan menyimpan file tersebut pada sebuah file sementara pada sistem. File sementara ini terletak pada direktori yang aman sehingga pengguna tak khawatir meski program Notepad++ ini mengalami gangguan kapan saja.

Baca juga: Cara Membuat System Restore Point Di Windows 7

Mengembalikan Kode yang Hilang

Seperti kata Saya diatas, bahwa ini tergantung faktor keberuntungan. Mengapa? Karena tidak semua kode yang pengguna ketik masuk pada direktori aman itu. Akan tetapi jika pengguna melakukan cara ini dengan cepat, alhasil kode yang hilang akan masih dapat dikembalikan.

File sementara yang ada di Notepad++ memiliki batasan waktu sehingga tak tersimpan untuk selamanya. Maka dari itulah kenapa tidak semua berkas bisa masuk ke direktori aman itu dan tergantung dari kapan pengguna mengalami kesalahan ini. Langsung saja simak caranya dibawah ini.

  1. Klik START dan ketik run lalu ENTER.
  2. Akan menampilkan dialog kecil, tuliskan seperti ini pada kolom di kotak kecil itu.

    %APPDATA%\Notepad++\backup

    Lalu tekan tombol OK.

    Mengembalikan Kode yang Hilang di Notepad++

  3. Akan ditujukan ke Windows Explorer, tepatnya di direktori aman yang Saya sebutkan tadi. Ada beberapa berkas yang berhasil di cadangkan akhir-akhir ini. Dan untuk mencari berkas pengguna yang hilang, cukup cari dengan format seperti ini.

    namaberkas.html@waktu

    Formatnya seperti itu, jadi nama berkas bisa menjadi sesuai nama file yang pengguna alihkan sebelumnya. Digandeng dengan tanggal dan waktu terakhir file itu diedit.

    Mengembalikan Kode yang Hilang di Notepad++

Kesimpulan

Kesimpulan dari cara diatas, adalah cukup mengingat nama berkas yang dialihkan dan kodenya hilang semuanya. Jika pun masih ada, berarti pengguna masih beruntung karena berkas cadangan itu masih belum dihapus oleh sistem. Kalau sudah dihapus tandanya tidak akan ada nama berkas yang dicari.

Baca juga: Cara Mengatasi Drive C: Penuh Di Windows

Semakin cepat pengguna mengatasinya, semakin besar pula kemungkinan seluruh kode yang hilang bisa dikembalikan. Ini sama halnya seperti tembolok yang ada di peramban yang mana akan hilang seiring jalannya waktu dan tak menetap untuk selamanya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment