≡ Menu

Cara Mendaftar di AWS Educate dan Dapatkan VPS Gratis

Amazon Web Service atau disingkat AWS memberikan gratis satu tahun masa percobaan server cloud yang bisa dibilang mencukupi apabila server tersebut dipakai untuk sebuah website. Tapi tentu di masa percobaan tersebut terdapat beberapa fitur yang tak dapat digunakan. Contohnya seperti pemilihan spesifikasi server hanya boleh satu instansi saja dan masih banyak hal lain lagi.

Untuk para mahasiswa, ada lho cara untuk mendapatkan masa percobaan yang lebih dari itu dan bahkan batasan tersebut tidak ada lagi. Yaitu dengan mendaftar melalui AWS Educate. Amazon sendiri memberikan fitur ini sebenarnya tidak hanya untuk mahasiswa kampus saja, akan tetapi bisa dipakai untuk para dosen juga. Yang membuatnya menarik adalah Amazon langsung memberikan saldo ke akun tanpa ada masa percobaan.

Jadi secara otomatis jika tidak ada masa percobaan, bisa dikatakan akun yang dipakai saat itu seperti akun premium yang sesungguhnya. Saldo yang diberikan untuk mahasiswa adalah $75 tapi itu bisa ditambah dengan mendaftar Github Education dan memperoleh tambahan saldo.

Jadi apa yang diperlukan selama mendaftar? Hanya perlu kartu mahasiswa dan alamat email sekolah seperti ber-domain ac.id atau .edu. Apabila sudah memenuhi hal tersebut, langsung saja berikut cara daftar AWS Educate dengan mudah.

  1. Masuk ke situs AwsEducate.com. Klik pada tombol Join AWS Educate Today.

    Cara Mendaftar di AWS Educate dengan Mudah

  2. Akan terdapat 3 pilihan, cukup memilih bagian Student dan tekan tombol diarea tersebut.

    Cara Mendaftar di AWS Educate dengan Mudah

  3. Di halaman ini, akan ditanyai satu pertanyaan seperti diatas tadi dan pilih sebagai Student. Lalu klik Next

    Cara Mendaftar di AWS Educate dengan Mudah

  4. Sekarang akan disuguhi formulir pendaftaran dan berikut ini opsi-opsi yang perlu diisi.

    • Institution Name – Isi dengan nama kampus pengguna saat ini, harap menuliskannya dengan lengkap dan tanpa perlu disingkat.
    • Country – Isi dengan negara kampus pengguna berada.
    • City – Isilah dengan nama kota dimana pengguna tinggal sekarang ini.
    • Field of Study – Pilih jurusan pengguna saat ini.
    • First Name & Last name – Saya rasa pengguna sudah tahu mengenai kolom ini. Yaitu menuliskan nama depan dan belakang pengguna.
    • Email – Isikan dengan alamat surel yang diberikan oleh kampus (berdomain ac.id atau edu).

    Cara Mendaftar di AWS Educate dengan Mudah

    Diatas adalah formulis khusus untuk bagian atas saja yang menurut Saya sangat penting, sebelum melanjutkan lagi, pastikan pengguna mengkoreksi dengan benar supaya pendafataran bisa lancar.

  5. Lanjut ke step selanjutnya, terdapat 2 buah pilihan. Jika pengguna sebelumnya sudah memiliki akun AWS, sebaiknya memilih bagian atas. Sedangkan jika sebelumnya belum memiliki akun AWS, pilih pada bagian bawah.

    Cara Mendaftar di AWS Educate dengan Mudah

  6. Lanjut lagi dibawahnya terdapat 3 opsi lagi. Jadi Grade Level sebaiknya pilih sebagai Undergraduate. Lalu pada Graduation Year dan Graduation Month isikan dengan tahun dan bulan dimana pengguna sudah wisuda atau lulus.

    Cara Mendaftar di AWS Educate dengan Mudah

  7. Masih belum selesai. Jika pengguna memiliki promo code bisa juga dimasukan pada kolom yang tercantum disana. Apabila tidak memilikinya, langsung saja tekan tombol Next.

    Cara Mendaftar di AWS Educate dengan Mudah

  8. Tahap terakhir adalah membuka alamat email yang didaftarkan tadi dan klik link aktivasi yang diberikan oleh AWS Educate. Dan tunggu sekiranya 1 sampai 3 hari untuk mendapatkan respon dari AWS.

Sebenarnya tidak cukup panjang sekali proses pendaftaran di AWS Educate ini dan hanya berlangsung beberapa menit saja. Setelah mengikuti cara diatas, pengguna dihimbau untuk mengecek email satu atau dua hari kemudian apakah terdapat respon dari AWS Educate.

Melihat Formulir Disetujui atau Ditolak Oleh AWS Educate

Dalam beberapa kasus, terdapat penolakan dan itu adalah hal yang wajar sekali dikarenakan AWS meminta informasi yang akurat pada akun yang didaftarkan.

Penolakan yang tertera pada email biasanya adalah menyuruh pengguna untuk mengunggah indentitas dalam bentuk kartu mahasiswa. Jadi cukup membalas email tersebut dengan lampiran foto scan kartu mahasiswa depan dan belakang. Setelah itu menunggu lagi satu atau dua hari dan pasti AWS Educate sudah merespon lagi.

Biasanya AWS Educate akan mengirimkan link khusus yang dipakai untuk daftar akun AWS apabila pengguna belum memilikinya. Sedangkan jika pengguna sudah memiliki akun AWS sebelumnya, maka akan diberikan kode kupon yang bisa diklaim untuk mendapatkan bonus saldo.

Baca juga: Gratis VPS Digital Ocean untuk Belajar

Sekian tentang cara mendaftar di AWS Educate. Gunakan server EC2 dengan bijak dan jangan disalah gunakan untuk melakukan hal yang buruk. Apabila pengguna memiliki pertanyaan atau kebingungan tentang langkah tutorial diatas, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment