≡ Menu

Cara Merapikan Kode CSS dan Javascript Paling Sederhana

Cara Merapikan Kode CSS dan Javascript

CSS dan JS adalah komponen yang sangat penting pada HTML untuk membentuk tampilan pada website supaya bagus dipandang. Tanpa sebuah CSS, tentulah tampilan website tidak akan begitu bagus dan hanya bisa terbilang sederhana, dan begitupula dengan JS atau Javascript, adalah pengaya yang akan memberi fitur khusus pada website seperti suatu efek dan lain-lain sehingga webiste sangat halus dan nyaman untuk digunakan.

Tapi pernahkah pengguna mencoba untuk memikirkan untuk mengalihkan kode CSS dan JS tersebut? Barangkali pengguna mendapatkan komponen tersebut dari membeli, jadi bisa jadi kode didalamnya tidak rapi dan berantakan.

Tentu dengan kode yang berantakan sangat sulit sekali untuk mengurai dan mengalihkannya, sehingga muncul dipikiran pengguna “bagaimana merapikan kode CSS atau Javascript ini?

Jawabannya bisa ditemukan di suatu situs di internet, pengguna bisa manfaatkan website yang memberikan fitur untuk merapikan kode CSS atau Javascript ini. Sehingga kode yang tadinya berantakan atau bisa dibilang hanya memiliki beberapa line saja, bisa diubah rapi sampai pengguna tidak akan pusing melihat kode tersebut dan bisa mengalihkannya dengan sangat mudah sekali.

Baiklah, berikut ini cara merapikan kode CSS dan Javascript dengan mudah.

  1. Pertama – tama yang diperlukan pastilah sebuah kode CSS atau Javascript. Namun disini contohnya adalah kode CSS karena nantinya caranya untuk Javascript juga sama saja.
  2. Langsung saja menuju website CSS Beautifier atau Javascript Beautifier.
  3. Akan terdapat sebuah kolom besar, silahkan tempel kode CSS disana dan dilanjutkan dengan menekan tombol Format Code. Disampingnya juga terdapat fitur tambahan apabila itu memang dibutuhkan.

    Cara Merapikan Kode CSS dan Javascript

  4. Maka hasilnya akan tampil secara langsung pada kolom besar yang sama dan bisa langsung disalin kode baru tersebut yang pastinya sudah rapi.
  5. Sedangkan untuk Javascript juga sama, atur dulu hasil outputnya dari fitur yang ada dbagian atas. Atau jika ingin cara cepat, langsung tempel pada kolom besar dan setelah itu menekan tombol Beautify Javascript dan kode yang rapi akan tampil pada kolom yang sama.

    Cara Merapikan Kode CSS dan Javascript

Intinya kedua sama memiliki cara yang sama dan yang diperlukan hanyalah menyalin dan menempel kode saja. Bagaimana hasil dari kode yang rapi? Saya rasa pertanyaan itu akan terjawab ketika pengguna mencobanya sendiri.

Bahkan saat ini juga tersedia sebuah extension untuk peramban Chrome yang bisa dipakai untuk merapikan kode CSS atau Javascript pada setiap halaman, yaitu namanya adalah JavaScript and CSS Code Beautifier. Jadi dengan extension tersebut, setiap kali pengguna memasuki URL berformat JS atau CSS, maka kode yang dihasilkan disana akan otomatis dirapikan.

Baca juga: Cara dapatkan api key youtube dengan mudah

Sekarang pengguna bisa memilih cara mana yang lebih mudah untuk merapikan kode CSS dan JS ini. Jika Saya sendiri sih lebih menyarankan memakai cara yang Saya bagikan diatas dibanding memakai extension, sebab memakai extension ini hanya bisa merapikan dari URL saja dan tak bisa dipakai untuk merapikan langsung dari kode yang dimiliki pengguna saat itu. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang merapikan kode CSS dan JS, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment