≡ Menu

Cara Mengatasi OpenVPN Tak Mau Terhubung di Windows

Mengatasi OpenVPN Error Ketika Menyambung di Windows

Masih adakah yang mengguankan OpenVPN untuk mengamankan jaringan? Tentu masih tetap ada dan selamanya akan selalu ada. Di OpenVPN ini memiliki cara yang pintar untuk melakukan enkripsi jaringan dan pengguna bisa menyesuaikannya sesuai keinginan. Selain itu ada 2 protokol yang bisa dipakai, yakni TCP dan UDP, itu bisa dipakai sesuai kebutuhan. Kebanyakan orang suka mengguanakan UDP, namun sementara ada yang memakai TCP karena kebutuhan tersendiri seperti menambah proxy tambahan.

Pada artikel ini yang akan dibahas adalah mengenai OpenVPN yang tidak dapat memulai dengan benar dan selalu bermasalah ketika hendak menyambungkan atau dengan maksud tidak dapat tersambung hingga benar. Ini bisa dikarenakan masalah dari konfigurasinya atau dari server OpenVPN yang sedang dipakai memiliki gangguan atau kebanyakan orang yang sedang memakainya. Tapi sebenarnya masalah tersebut bisa diatasi dengan bantuan log yang diberikan oleh program OpenVPN.

Dari fitur logs tersebut pengguna bisa membedakan mana yang salah dan benar, misalnya kesalahan dari proxy atau jaringan pengguna. Pengaturan pada konfigurasi juga sebaiknya tidak perlu diubah-ubah apabila pengguna mendapatkannya dari membeli atau gratis di internet, sebab konfigurasi tersebut sudah benar dan jika diganti beresiko tidak terhubung. Berikut ini beberapa tips mengatasi OpenVPN tidak mau terhubung.

  1. Kenali Kesalahan Melalui Fitur LOGS – Sudah Saya jelaskan sedikit diatas bahwa dengan fitur log ini pengguna bisa mendapatkan semua aktivitas dari OpenVPN ini serta kesalahan yang didapat.
  2. Menggunakan Konfigurasi OpenVPN Lain – Apabila masih tak dapat terhubung dengan konfigurasi yang dipakai saat itu, pengguna bisa mencoba dengan konfigurasi lain dan barangkali itu bisa berhasil terhubung. Jika berhasil, berarti server OpenVPN sebelumnya sedang gangguan.
  3. Mengecek TAP Adapter – Satu-satunya hal yang diperlukan supaya OpenVPN bisa terhubung dengan benar adalah perangkat sudah terpasang TAP Adapter. Jadi pastikan TAP Adapter sudah tersedia dan Saya sarankan hanya memakai satu TAP Adapter saja. Apabila terdapat lebih dari satu, sebaiknya dihapus saja. Sedangkan jika tidak ada TAP Adapter sama sekali, silahkan install ulang program OpenVPN.
  4. Cek Bagian Proxy – Siapa tahu pengguna saat ini sedang memakai konfigurasi OpenVPN dengan protokol TCP dan memiliki proxy tambahan didalamnya. Silahkan cek proxy tersebut apakah masih hidup atau justru sudah tak layak dipakai.
  5. Memakai Program OpenVPN Client Lain – Ada beberapa program OpenVPN Client yang ditemukan di internet saat ini, salah satunya yang memiliki fitur yang lebih baik adalah Secure OpenVPN SSL. Cobalah memakai program tersebut atau sejenisnya, apakah bisa menyambung dengan benar atau masih sama.

Paling sering terjadi adalah karena masalah TAP Adapter, tapi itu masih bisa dibenarkan dengan menginstall ulang hingga benar. Jangan lupa untuk tetap mengaktifkan TAP Adapter tersebut dan tidak perlu di Disable karena nantinya tidak akan bisa memulai koneksi. Sebab TAP Adapter seolah adalah organ penting dari OpenVPN ini yang mana digunakan untuk menyalurkan koneksinya ke segala program yang ada di PC.

Baca juga: Cara memakai OpenVPN di HP Android

Satu hal lagi, baru-baru ini banyak sekali orang yang membuat konfigurasi OpenVPN dengan tambahan HTTP Proxy yang digunakan untuk tweaking, yaitu menambah HTTP Host Header, tapi sayangnya ini tidak bisa dipakai untuk pengguna PC dan hanya dapat dipakai di ponsel saja. Sebab jika dijalankan pada PC, maka akan terdapat pemberitahuan bahwa terdapat konfigurasi yang tidak benar pada bagian HTTP Proxy.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment