≡ Menu

Cara Mengatasi Masalah Download Diantrekan pada Play Store

Download diantrekan atau pending di Play Store

Penybebab unduhan yang tidak berjalan pada Play Store biasanya dikarenakan kesalahan internal. Hal ini tidak hanya mengacu pada Play Storenya saja, tapi juga RAM yang cukup bebas juga berpengaruh terhadap proses unduhan yang berjalan. Selain itu kapasitas memory yang mencukupi juga butuh untuk mempercepat proses instalasi. Pengguna pasti pernah melihat proses intalasi yang sangat teramat lama, hal itu bisa jadi diakibatkan kapasitas memory yang tinggal sedikit.

Yang dimaksudkan pada artikel ini adalah proses download yang tidak berjalan atau muncul sebuah notif diantrekan. Biasanya hal ini dikarenakn ada aplikasi lain yang masih didownload, jadi aplikasi yang hendak didownload, mau tidak mau harus menunggu antri. Tapi adapula masalah lain yang sejenis ini dan merupakan kesalahan dari Play Store. Jika dilihat-lihat memang banyak masalah yang datang pada Play Store dan masalah seperti ini adalah salah satunya.

Diantrekan bisa juga dibilang sebagai pending, tentu orang biasa pun juga bisa memahaminya. Namun bagaimana jika masalahnya adalah ketika pengguna sedang tidak mengunduh apapun dan tampil seperti ini terus menerus ketika hendak mengunduh aplikasi atau game. Tentu akan sangat mengganggu bukan? Berikut ini beberapa cara mengatasi Unduhan Diantrekan pada Play Store, silahkan simak dibawah ini.


  1. Memaksa Menghentikan Play Store – Biasanya terjadi proses latar belakang yang mengalami glitch sehingga proses unduhan sebelumnya tidak terlihat pada panel notifikasi, salah satu cara mengatasinya adalah memaksa menghentikan Play Store dari manajer aplikasi dan setelah itu buka kembali.
  2. Restart Statusbar atau Restart Perangkat – Biasanya unduhan pada Play Store yang gagal akan menyebabkan loading terus menerus pada statusbaru walau sudah dihentikan secara paksa. Dan hal ini menyebabkan proses unduhan baru selalu diantrekan. Solusinya adalah restart statusbar (bisa menggunakan bantuan aplikasi) atau dengan cara yang praktis yaitu restart perangkat.
  3. Mematikan Pembaruan Aplikasi Secara Otomatis – Fitur pembaruan secara otomatis ini biasanya hanya aktif pada jaringan WiFi saja, dan bisa jadi pengguna saat ini mengalami masalah ini ketika menggunakan koneksi WiFi. Untuk mematikannya cukup menuju pengaturan dan pada bagian perbaruan aplikasi otomatis, cukup pilih pada opsi Tidak Pernah.
  4. Menghapus Data Play Store – Cara ini terbilang jitu karena akan menghapus konfigurasi serta cache atau cookies yang terletak pada Play Store, jadi seluruh riwayat akan dihilangkan dan seolah seperti membuka aplikasi Play Store di ponsel baru. Tenang saja ini tidak akan menghapus aplikasi, karena hanya menghapus data sistem aplikasi Play Store saja.
  5. Memperbarui Versi Play Store Secara Manual – Versi Play Store yang sudah usang pasti memiliki masalah sejenis kompatibel pada ponsel. Biasanya Play Store akan secara otomatis diperbarui tanpa harus melakukanya. Tapi terkadang itu juga tidak bekerja yang membuat ponsel menetap dengan versi Play Store yang lama. Untuk memperbarui Play Store ke versi baru, cukup unduh berkas APK Play Store terbaru melalui Google
  6. Factory Reset Ponsel – Gunakan cara ini apabila semua diatas tidak bekerja, faktanya ini akan mengembalikan ponsel seprti baru lagi dan aplikasi serta data yang disimpan termasuk kontak akan dihapus. Jadi cadangkan terlebih dahulu sebelum memakai opsi ini.

6 cara diatas Saya jamin bisa mengatasi permasalahan ini. Dan ini hanyalah kejadian kecil yang timbul seperti biasa pada Play Store. Adapun masalah yang lebih parah dibanding ini dan mungkin permasalahannya dikarenakan sebuah malware yang memasuki sistem ponsel. Apalagi jika ponsel sudah diroot dan Play Store tak bisa dibenahi dengan cara reset factory, jadi pengguna harus melakukan flashing ponselnya.

Ada pula aplikasi yang bisa digunakan untuk pengganti Play Store dan ukurannya pun sangat kecil, yaitu 9apps. Aplikasi ini menyediakan banyak aplikasi dan game gratis didalamnya serta proses unduhannya pun juga dipercepat. Didalamnya terdapat fitur untuk memperbarui versi aplikasi juga. Bagaiamana? Tertarik memakai 9apps, download langsung 9apps Indonesia untuk ponsel Android.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment