≡ Menu

Cara Mengganti Tema Notepad++ pada PC

Program Notepad yang terdapat pada PC memiliki fitur yang sederhana dan memungkinkan pengguna dapat mengedit suatu teks dengan mudah dan cepat. Berbeda lagi jika program Notepad++, adalah program alternatif dari Notepad yang mana menghasilkan fitur yang sangat banyak sekali dan program ini juga patut digunakan untuk keperluan koding karena mendukung banyak sekali jenis bahasa program yang akan membantu pengguna menuliskan setiap kode.

Jika dibandingkan dengan program Notepad biasa, tentu Notepad++ jauh lebih bagus dan juga sering memiliki pembaruan program. Jika pada Notepad biasa hanya disediakan ruangan yang sederhana dengan latar belakang dalam penulisan teks, sedangkan pada Notepad++ bisa diubah latar belakangnya hingga bagian menu dan link yang muncul. Ini karena Notepad++ memiliki fitur untuk mengganti tema dan untuk versi aslinya pun Notepad++ juga telah menyediakan beragam tema secaara gratis.

Meski sudah disediakan beragam tema yang menarik oleh Notepad++ namun pengguna masih dapat mengatur ulang warnanya dan sebaik mungkin kelihatannya. Ini adalah cara supaya pengguna tidak pernah bosan memandangi Notepad++ dengan tampilan yang sama terus-menerus sehingga mengetikan sesuatu bisa lebih berwarna untuk sekarang ini. Mungkin beberapa orang pun juga masih tidak mengetahui tentang cara mengganti tema pada Notepad++ dan berikut ini caranya, silahkan simak dibawah ini.


  1. Pertama – tama silahkan buka program Notepad++ dan untuk tampilan normal Notepad++ pada dasarnya adalah putih bersih.
  2. Pilih pada menu Settings lalu akan muncul submenu lagi dan pilih pada Style Configurator….

    Cara Mengganti Tema Notepad++ pada PC

  3. Sekarang pengguna akan ditujukan pada bagian pengalihan tema pada Notepad++. Untuk memilih tema yang disediakan, cukup pilih pada opsi Select Theme. Dan pilihlah salah satu dari semua yang ada.

    Cara Mengganti Tema Notepad++ pada PC

  4. Setelah memilih, maka secara otomatis akan berubah tampilan Notepad++ dan untuk melanjutkan memakai tema tersebut, cukup tekan tombol Save & Close dibagian bawah.

    Cara Mengganti Tema Notepad++ pada PC

  5. Jika pengguna ingin mengatur sendiri tema yang ada, Saya sarankan mengatur dari tema yang bernama Default. Dan setelah memilih tema tersebut, untuk mengganti warna tulisan dan latar belakang, ada dibagian Style pada pilihan Default Style dan jangan lupa untuk mengatur warna yang lainnya juga pada pilihan-pilihan pada bagian Style.

    Cara Mengganti Tema Notepad++ pada PC


Pada internet pun juga banyak sekali orang yang membagikan tema yang lebih keren untuk Notepad++ dan sebenarnya tema tersebut hanya tersimpan pada jenis berkas dengan format XML saja. Saya sendiri selalu menggunakan Notepad++ untuk melakukan banyak hal termasuk menulis artikel karena lebih sederhana. Fitur yang Saya sukai pada Notepad++ ini adalah memiliki tab atau window untuk suatu berkas teks yang berbeda, jadi tidak hanya dapat mengalihkan satu berkas teks saja, akan tetapi lebih dari 10 pun bisa. Jika pengguna sekiranya belum memiliki program Notepad++, unduh sekarang juga pada Halaman Download Notepad++.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment