≡ Menu

Cara Decompile dan Recompile Aplikasi Android dengan APKTOOL

Membuat sebuah aplikasi Android adalah hal yang tidak mudah, perlu ketrampilan dalam bahasa pemrograman Java supaya dapat melakukan itu. Bagi para yang menggunakan aplikasi tersebut mungkin membuat sejenis itu adalah hal yang tidak terlalu sulit layaknya menggabungkan sesuatu dengan cepat, namun kenyataannya perlu banyak hal yang harus dilakukan dan kadang satu orang masih kurang untuk membuat aplikasi yang sempurna dan terbiasa dilakukan dengan sekelompok orang.

Apakah sebuah aplikasi di Android bisa diedit ulang? Ini adalah pertanyaan yang tidak menentu, atau bisa dikatakan “bisa jadi” karena tidak semua aplikasi bisa diedit atau dialihkan ulang. Layaknya pada program pada PC yang tidak semuanya bisa diedit ulang dan hanya beberapa program yang memakai bahasa pemrograman tertentu saja, tapi jika untuk aplikasi Android ini kemungkinan besar bisa mengedit kebanyakan aplikasi yang ada.

Dengan melakukan pengalihan sesuatu pada komponen aplikasi, pengguna setidaknya harus mengerti pemrograman Java supaya tidak akan bingung nantinya dan disini pengguna juga membutuhkan perangkat PC untuk melakukannya, sebab jika melakukan pada ponsel Android, hasil yang didapatkan tidak memuaskan. Pada artikel ini akan Saya berikan tutorial cara untuk melakukan decompile atau mengalihkan aplikasi Android dengan bantuan APKTOOL. Silahkan simak tata caranya dibawah ini.


  1. Pertama – tama yang perlu dipasang pada PC adalah JDK (Java Development Kit), silahkan unduh pada halaman JDK sesuai sistem operasi yang digunakan dan pasang pada PC. Lalu adalah mengunduh APKTOOL pada bawah artikel ini dan langsung saja extract pada direktori baru di drive mana saja, misalnya pada drive D dengan folder APKTOOL.
  2. Pastikan telah menyiapkan framework-res.apk dan aplikasi yang memiliki format APK yang akan di decompile nantinya, cukup pindah pada direktori APKTOOL tadi. Selanjutnya klik 2 kali pada Command Prompt.bat.

    Cara Melakukan Decompile dam Recompile APK pada PC

  3. Sekarang akan tampil CMD yang mengarah pada direktori APKTOOL. Dan untuk awalan, ketikan perintah ini untuk signin framework-res.

    apktool if framework-res.apk

    Cara Melakukan Decompile dam Recompile APK pada PC

  4. Selanjutnya adalah proses decompile, ketikan perintah ini dan ENTER, lalu tunggu hingga proses selesai.

    apktool d a.apk

    Keterangan: Ganti nama a.apk dengan nama berkas format APK yang dimiliki tadi.

    Cara Melakukan Decompile dam Recompile APK pada PC

  5. Jika proses sudah selesai, maka pada direktori APKTOOL akan terdapat folder baru dengan nama seperti berkas APK tadi. Disini contohnya bernama a. Dan didalamnya, pengguna sekarang bebas mengalihkan apa saja pada aplikasi tersebut.

    Cara Melakukan Decompile dam Recompile APK pada PC

  6. Ketika sudah mengalihkannya, sekarang saatnya untuk mengemas ulang atau proses recompile. Jadi buka Command Prompt.bat tadi dan ketikan perintah ini.

    apktool b a hasil.apk

    Keterangan: Ganti tulisan a dengan nama berkas format APK tadi, hanya saja ini tidak perlu menggunakan berkas karena mengarah ke folder.

    Cara Melakukan Decompile dam Recompile APK pada PC

  7. Tunggu hingga proses selesai dan pastikan tidak ada kesalahan ketika mengedit aplikasi tadi, karena kesalahan sedikit saja bisa membuat proses recompile gagal. Dan apabila sudah selesai, akan tampil hasil.apk pada direktori APKTOOL, dan itu adalah hasil jadi sementara.
  8. Tahap terkahir adalah melakukan sign supaya aplikasi dapat dibuka sewajarnya pada ponsel Android. Untuk itu unduh dulu SignApk pada bawah artikel ini lalu extract pada direktori APKTOOL tadi. Kemudian salin berkas hasil.apk pada direktori SIGN.

    Cara Melakukan Decompile dam Recompile APK pada PC

  9. Buka Command Prompt.bat yang ada pada direktori SIGN dan ketikan perintah ini lalu tekan ENTER.

    java -jar signapk.jar certificate.pem key.pk8 hasil.apk hasil_sign.apk

    Cara Melakukan Decompile dam Recompile APK pada PC

  10. Nah sekarang pasti pengguna akan melihat terdapat berkas baru bernama hasil_sign.apk dan itu adalah aplikasi yang telah direcompile dan sudah siap untuk dicoba pada ponsel Android.

Terlihat banyak sekali yang harus dilakukan, tapi sebenarnya jika pengguna telah melakukan ini beberapa kali pastilah akan terbiasa dan berlangsung sangat cepat. Proses decompile ini kadang juga memakan waktu yang sedikit lama tergantung dari komponen dalam aplikasi yang akan dialihkan. Kebanyakan orang menggunakan apktool ini untuk mengalihkan SystemUI, namun masih banyak juga yang menggunakannya untuk mengalihkan aplikasi seperti BBM dan lain-lain. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

APKTOOLSIGNAPK

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 3 comments… add one }
  • Stephanie August 31, 2017, 9:18 am

    Saya ingin bertanya mas, jika kita decompile dan rubah aplikasi lain, apakah tidak membaca ‘signature’ awal sang pembuat?

  • riko June 21, 2017, 4:40 pm

    tanya gan pas direcompile kok g keluar ya hasil.apk padahal yg dirubah cuma file lagu sama image di folder asset

    • rrobyf June 23, 2017, 11:33 am

      Apakah tadinya proses decompilenya berhasil dengan sempurna?

Leave a Comment