≡ Menu

Cara Menambah Custom HTTP Proxy Pada Konfigurasi OpenVPN

OpenVPN adalah salah satu jenis VPN yang memiliki keunggulan tersendiri dibanding sebuah VPN biasa. Dengan OpenVPN ini pengguna dapat mengatur sendiri tentang koneksi yang akan dibuat, contohnya saja seperti penambahan proxy dan lain-lain. Selain itu banyak sekali penyedia layanan VPN berbayar juga menambah OpenVPN pada daftarnya dikarenakan OpenVPN juga praktis untuk digunakan karena hanyalah sebuah file dengan ukuran sangat kecil.

Selain bisa digunakan untuk melakukan bypass dari situs yang diblokir operator, OpenVPN juga bisa diadaptasi menjadi beberapa pilihan protokol. Jadi saat ini terdapat 2 protokol yang dapat digunakan, yaitu TCP dan UDP. Untuk jenis UDP ini sangatlah sederhana dan tidak mendukung penambahan proxy. Sedangkan jika TCP bisa melakukan penambahan proxy dan juga menambah header pada saat memulai jaringan.

Jadi sekarang pengguna sudah tahu bahwa protokol pada OpenVPN yang dapat memberikan tambahan proxy atau header adalah TCP. Dan untuk menambah proxy dan header pun tidaklah terlalu sulit. Pengguna hanya cukup menempatkan suatu pengaturan pada sebuah teks yang mana ini sangat mudah sekali untuk dipahami. Kecuali jika pengguna mengguankan program untuk mengalihkan konfigurasi OpenVPN tentu tidak perlu melalui teks editor. Tapi yang dibahas kali ini melalui teks editor Notepad, berikut ini tata caranya.


  1. Pertama – tama pastikan telah menyiapkan konfigurasi OpenVPN dalam protokol TCP. Jika sudah memilikinya, tekan 2 kali pada konfigurasi tersebut dan pengguna akan masuk pada Notepad.
  2. Sekarang, perhatikan pada bagian remote, silahkan tambahkan line baru dan menambah proxy dengan cara seperti ini.

    http-proxy-retry
    http-proxy PROXY PORT

    Ubah pada bagian PROXY PORT dengan IP operator yang digunakan saat ini. Contohnya seperti ini.

    Cara Menambah HTTP Proxy dan Header pada OpenVPN

  3. Selanjutnya, pengguna cukup menambah line baru dibawahnya dan sekarang saatnya menambah header. Jadi tambahkan seperti ini.

    http-proxy-option EXT1 "Host: google.com"
    http-proxy-option EXT2 "X-Online-Host: google.com"

    Diatas adalah contoh untuk pengalihan Host ke alamat Google, dan pengguna bisa menambah jenis header lainnya seperti “Referer”, “X-Forwarded-For” atau lainnya. Jadi hasilnya nanti contohnya seperti ini.

    Cara Menambah HTTP Proxy dan Header pada OpenVPN

  4. Tahap terakhir cukup tekan CTRL+S pada keyboard untuk menyimpan dan konfigurasi siap untuk digunakan.

Apabila pengguna masih tidak mengerti tentang tata cara mengguankan konfigurasi OpenVPN, silahkan menuju halaman ini. Ada banyak sekali metode header yang bisa digunakan sesuai keperlukan. Baik itu melakukan tweak atau debugging dan lain-lain. Perlu diketahui juga bahwa terkadang dengan menambah sebuah header atau proxy yang salah dapat menyebabkan tidak dapat terhubung dari konfigurasi tersebut dan akan selalu mengalami kendala, jadi sebaiknya alihkan teks dengan benar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment